Versi Anyar Sudah Diluncurkan, Penjualan Renault Koleos Masih Jeblos

Renault Koleos versi terbaru -dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) meluncurkan versi terbaru – atau tepatnya versi salin rupa alias facelift – SUV Renault Koleos di Indonesia pada Februari lalu. Namun, hingga akhir Maret kemarin, alias sepanjang Januari hingga Maret kemarin penjualan SUV berbanderol Rp 558 juta on the road (OTR) Jakarta masih jeblos.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama tiga bulan pertama itu, total penjualan mobil ini ke diler (wholesales) hanya 2 unit. Jumlah itu dibukukan pada bulan Januari, sedangkan di bulan Februari dan Maret kosong alias nihil.

Kondisi yang sama juga terjadi dalam penjualan ke konsumen alias ritel. Penjualan hanya terjadi di bulan Januari dengan total 2 unit, dan dua bulan berikutnya nihil.

Sekadar informasi, sepanjang tahun 2020 lalu, SUV besutan merek asal Prancis itu terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 34 unit. Jumlah itu dibukukan pada bulan Januari sebanyak 10 unit, Februari 10 unit, Maret 5 unit, dan Mei 9 unit.

Interior bagian depan Renault Koleos versi terbaru-dok.Istimewa

Sedangkan pada bulan April, mobil ini tidak membukukan penjualan alias nihil. Begitu pula dengan bulan Juni hingga Desember, juga tidak ada penjualan ritel yang dilaporkan.

Sementara, di sepanjang tahun 2019 (hingga bulan November), Renault Koleos masih mencatatkan penjualan ritel sebanyak 181 unit. Artinya, dari fakta data ini terlihat hingga kuartal pertama tahun ini, penjualan Koleos masih jeblos.

Padahal, Renualt Koleos versi facelift yang melenggang di pasar Indonesia sejak awal Februari lalu mengusung ubahan tampilan dan penambahan fitur yang lumayan. Grill dengan tiga dimensi, ampu depan Pure Vision, Cover Foglamp dan Airdam dengan gaya desain, skid plate besar bergarnis krom, dual muffler, dan diffuser silver dengan logo Renault di tengahnya adalah beberapa penanda ubahan itu.

Tampilan bagian belakang Renault Koleos versi terbaru-dok.Istimewa

Sementara, jok berteknologi pemijat elektrik, layar infotainment sentuh Head Unit R-Link 2 berukuran 8,7 inci dengan fitur Apple Carplay, plus Android Auto terintegrasi yang sudah bisa mengakses navigasi menjadi fitur anyar di mobil itu. Terlebih, fitur hiburan dilengkapi 13 speaker hi-end besutan BOSE.

Meski untuk mesin masih mempertahaankan mesin yang disandang sebelumnya. Mesin berkode QR25DE itu memiliki semburan tenaga hingga 169 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 266 Nm pada 4.400 rpm. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This