Kerennya SUV Listrik Toyota bZ4X, Mulai Dijual Pertengahan 2022

Toyota bZ4X Concept yang diperkenalkan di hajatan Shanghai Auto Show 2021-dok.Bloomberg


Shanghai, Motoris
– Toyota Motor Corporation (Toyota) memperkenalkan konsep SUV listrik murni (mobil listrik berbasis baterai) Toyota bZ4X di hajatan Shanghai Auto Show 2021 di Cina, Senin (19/4/2021). Mobil yang dibuat dalam proyek kolaborasi dengan Subaru itu menggunakan keunggulan kemampuan off-road Subaru dan keunggulan Toyota.

Seperti dilaporkan Bloomberg dan Car Magazine, Senin (19/4/2021), Toyota menyebut mobil sport serbaguna bersumber tenaga dari setrum itu, menggunakan platform anyar e-Toyota New Global Architecture (e-TNGA). Nama bZ yang dipakai oleh konsep ini merupakan kependekan dari Beyond Zero, yang artinya kemampuan mobil ini bukan sekadar tanpa emisi semata.

Pabrikan otomotif terbesar asal Jepang ini juga menyatakan, proses produksi SUV tersebut akan dilakukan di dua negara, yakni di Cina dan Jepang. “Untuk selanjutnya akan dipasarkan ke dunia mulai pertengahan tahun 20222 nanti,” bunyi pernyataan pabrikan.

Pusat kemudi Toyota bZ4X Concept-dok.Istimewa

Chief Technology Officer Toyota Masahiko Maeda menyebut pabrikannya berencana menggelontorkan 15 mobil listrik sampai tahun 2025 nanti. “Dan bZ4X merupakan yang pertama dari seri bZ yakni Beyond Zero, yakni mobil yang lebih dari sekadar nol emisi,” kata dia.

Menurut analis Bloomberg Intelligence, Tatsuo Yoshida, langkah Toyota menyodorkan SUV listrik ini bukan sekadar mengekor atau di belakang Volkswagen, yang selama ini tercatat sebagai pabrikan mobil terbesar dunia. Atau bahkan dibanding dengan mereka lain, meski Toyota terkesan lebih belakangan woro-woro soal mobil listrik.

Jok dan ruang kaki bagi penumpang belakang Toyota bZ4x Concept- dok.Istimewa

“Toyota tidak berada di belakang Volkswagen atau lainnya dalam hal pengembangan kendaraan listrik. Hanya saja dia (Toyota) memang belum se-vokal seperti yang lain,” ujarnya.

Faktanya, Toyota menyuguhkan gaya desain dan teknologi yang tak kalah dengan tampilan maupun teknologi mobil listrik merek lain. Dari segi tampilan, SUV terbaru dari Toyota telah mengadopsi disain terbaru bergaya minimalis futuristis. Tampilan dari samping memiliki kemiripan dengan gaya desain Toyota RAV4 versi paling anyar.

Tampilan belakang Toyota bZ4X Concept – dok.Istimewa

Sementara pada bagian interior paduan antara teknologi terkini dengan konsep memudahkan konsumen disuguhkan secara selaras. Ini terlihat dari tampilan panel instrumen, berbagai tombol pengoperasian fitur termasuk transmisi, hingga layar perangkat hiburan.

Meski begitu, Toyota masih menyisakan sistem mekanikal. Dengan kata lain, Toyota bZ4X masih mempertahankan berbagai sistem mekanikal dan memadukannya dengan teknologi modern sehingga mencuatkan kesan modern namun tetap khas Toyota.

Pernyataan resmi Toyota yang dikutip New Atlas menyebut dengan platform anyar e-TNGA itu, memungkinkan jarak sumbu roda lebih panjang dan overhang pendek. Sehingga, membuat ruang interior sebanding dengan sedan segmen-D.

Tampilan depan Toyota bZ4X Concept-dok.Istimewa

Mobil ini juga dilengkapi panel instrumen rendah untuk meningkatkan visibilitas dan memberi kesan luas ruang di dalam kabin. Kesan lapang ruang itu semakin menguat berkat kehadiran roda kemudi yang mirip dengan kemudi di kokpit pesawat.

Roda kemudi, yang terhubung ke sistem setir dengan kabel, memberikan pandangan yang lebih jelas ke panel instrumen. Selain itu, pengemudi tidak perlu mengubah cengkeraman mereka saat mengemudikan. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This