PPnBM Jadi 0%, Penjualan Suzuki XL7 dan Ertiga Menggila

Suzuki XL7-dok.Istimewa


Jakarta, Motoris
– PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sepanjang bulan Maret kemarin membukukan penjualan mobil ke diler (wholesales) sebanyak 8.669 unit atau naik 88% dibanding bulan Februari. Pada saat yang sama, mencatatkan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 8.179 unit atau naik 59% dari bulan sebelumnya.

“Angka penjualan tersebut didominasi oleh New Carry Pick Up dan mobil yang mendapatkan manfaat relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) yaitu All New Ertiga dan XL7,” ujar 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Jumat (23/4/2021).

Di bulan ketiga itu, wholesales New Carry Pick Up mencapai 4.459 unit atau tumbuh 39% dari penjualan yang dikoleksi selama Februari. Sedangkan penjualan ritelnya, 3.798 unit atau naik 15,3% dibanding penjualan yang dicatatakan pada bulan sebelumnya.

“Dengan penjualan sebanyak ini New Carry Picku Up berhasil menguasai 50,6% pangsa pasar pada segmennya,” ucap Donny.

Suzuki All New Ertiga-dok.Istimewa

Sementara itu, All New Ertiga pada bulan Maret itu membukukan penjualan ritel sebanyak 1.299 unit. Jumlah penjualan tersebut meroket hingga 277% dibanding Februari. Sedangkan XL7 mencatatkan penjualan retail sebanyak 2.053 unit atau meningkat 224% dibanding Februari.

Seperti diketahui, pemerintah menetapkan relaksasi PPnBM dengan memangkas besaran tarifnya (dari tarif yang berlaku sebelumnya) untuk mobil baru bermesin 1.500 cc ke bawah dengan syarat dan ketentuan berlaku) dalam tiga periode. Periode pertama, Maret – Mei ( dimulai 1 Maret) besaran diskon mencapai 100% (sehingga tarif menjadi 0%). (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This