Penjualan Ritel di Kuartal I, Wuling Almaz Pepet Honda CR-V

Wuling Almaz, SUV medium besutan Wuling Motors – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Maret atau di kuartal pertama tahun ini, Honda CR-V masih tercatat sebagai pemimpin penjualan ke konsumen (ritel) di segmen pasar SUV medium di Tanah Air. Namun, secara angka, jumlah penjualan yang dikoleksi SUV andalan Honda Indonesia sudah dipepet SUV besutan merek asal Republik Rakyat Cina (Cina) Wuling Almaz.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan ritel yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama tiga bulan pertama itu, Honda CR-V terjual ritel sebanyak 1.930 unit. Angka ini dikoleksinya dari penjualan selama Januari sebanyak 565 unit, Februari 683 unit, dan Maret 682 unit.

Sementara, di periode yang sama, Wuling Almaz mengantongi jumlah penjualan 1.425 unit. Total penjualan ini terdiri dari penjualan Wuling Almaz non RS sebanyak 1.186 unit dan Wuling Almaz RS sebanyak 239 unit.

Honda CR-V terbaru-dok.Istimewa

Angka penjualan Wuling Almaz non RS berasal dari penjualan di bulan Januari sebanyak 390 unit, Februari 339 unit, dan Maret 457 unit. Sedangkan penjualan Wuling RS terjadi di bulan Maret dengan jumlah 239 unit.

Dengan demikian, selisih antara total penjualan Wuling Almaz dengan Honda CR-V di triwulan pertama itu hanya 505 unit. Jumlah ini sekaligus mengukuhkan posisi Wuling di urutanm kedua setelah Honda CR-V.

Posisi ketiga ditempati Mazda CX-Series yang terjual ke konsumen sebanyak 230 unit. Urutan keempat ditempati Peugeot 3 series yang di tiga bulan itu laku sebanyak 41 unit.

Ilustrasi, Mazda CX-5 versi terbaru – dok.Car and Driver

Nissan X-Trail bertengger di posisi kelima setelah membukukan penjualan sebanyak 25 unit. Lalu, Hyundai Santa Fe nangkring di posisi keenam dengan jumlah penjualan 19 unit.

Sekondan Wuling dari Tiongkok, Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 580 yang terjual 6 unit berada di posisi ketujuh. Adapun Honda Tucson tidak membukukan penjualan sama sekali alias nihil. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This