Tahun 2040 Honda Sudah Tak Jual Lagi Mobil Bensin

Ilustrasi, mobil Listrik Honda e, diluncurkan di Eropa – dok.Sunday Times Driving

Tokyo, Motoris – Honda Motor Company (Honda) menegaskan pada tahun 2040 nanti, 100% mobil yang dijualnya adalah mobil listrik berbahan bakar hidrogen (FCEV) dan mobil listrik baterai (BEV). Artinya, pabrikan asal Hamamatsu, Shizuoka, Jepang ini, pada tahun tersebut sudah tidak menjual lagi mobil konvesional atau berbahan bakar bensin.

Seperti dilaporkan Reuters, penegasan itu diungkapkan Chief Executive Officer Honda Toshihiro Mibe saat menggelar konferensi pers pertama sejak ditunjuk sebagai bos besar Honda, di Tokyo,, Jumat (23/4/2021) lalu.

“Kami akan mendukung kebijakan “hijau” pemerintah (yang melarang penjualan mobil bensin meski masih membolehkan penjualan mobil hybrid pada tahun 2030). Saya yakin itu adalah tanggung jawab produsen mobil untuk mencapai tujuan bebas karbon melalui kebijakan dari berbabasis tangki (bahan bakar) ke roda (motor listrik),” ujar dia.

Peta jalan menuju 100% mobil listrik pada tahun 2040 itu, akan ditempuh Honda secara bertahap. Pertama, penjualan global merek ini ditargetkan 60%-nya beruapa mobil FCEV dan BEV pada tahun 2030 nanti.

Ilustrasi, kegiatan di pabrik Honda di Amerika Serikat – dok.Reuters

Setelah itu, penjualan mobil jenis itu sudah 85% pada tahun 2035. Dan ketiga, pada tahun 2040 sudah mencapai 100%. Serangkaian langkah tersebut dikatakan sebagai bagian dari langkah mewujudkan netral karbon dari semua kegiatan produksi Honda yangb ditargetkan sudah tercapai pada tahun 2050 nanti.

Kini Honda sudah merintis pencapain target itu dengan melakukan serangkaian riset dan pengembangan. Pabrikan akan menginvestasikan total sekitar 5 triliun yen untuk penelitian dan pengembangan, termasuk melakukan elektrifikasi kendaraan hingga enam tahun ke depan.

Pada musim panas tahun lalu, Honda telah menjual citycar listrik Honda e di Eropa..Honda juga menggandeng General Motors untuk merilis dua mobil listrik baru, menggunakan platform milik GM. Dua SUV listrik djadwalkan untuk meluncur Amerika Utara, sebelum tahun 2024.

Ilustrasi, crossover listrik Honda Everus VE-1 yang merupakan mobil listrik Honda berbasis Honda HR-V- dok.Istimewa via Daily Express

Selain mobil, Honda juga akan melakukan elektrifikasi sepeda motor dan skuter buatannya. Ditargetkan pada tahun 2024 nanti, sudah ada sepeda motoir listrik baru yang diluncurkan. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This