Menperin: Produksi Raize dan Rocky Perkuat Posisi RI di Pasar Global

Pengenalan Toyota Raize yang merupakan SUV kompak hasil kolaborasi antara Toyota dengan Daihatsu-dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Dua pabrikan Jepang yakni Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Daihatsu Motor Company (Daihatsu) kembali menggelontorkan produk kolaborasi di Tanah Air, yakni SUV kompak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Mereka adalah produk global yang akan diproduksi di Indonesia.

Bagi Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, produksi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia akan menjadikan posisi Indonesia di pasar global – sebagai basis produksi dan basis ekspor mobil – semakin kuat. Terlebih dengan instrumen perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Agreement/FTA) yang diteken Indonesia dengan negara-negara mitra, akan semakin memperkuat peluang ekspor.

“Kehadiran Rocky dan Raize akan memperkuat posisi Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor. Ini tentunya akan bermanfaat untuk mengembangkan pemasok lokal, termasuk industri kecil dan menengah dalam rantai pasokan bisnis Toyota dan Daihatsu. Kami berharap ini akan memberikan dampak positif sekaligus dukung perekonomian indonesia secara keseluruhan,” papar Agus, saat memberi sambutan di acara pengenalan dua SUV kompak itu yang disiarkan melalui akun Youtube Toyota, di Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Pengenalan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dihadiri Menteri Perindustrian Agus G. Kartasasmita – dok.Istimewa

Terlebih, lanjut Agus, pemerintah menargetkan pada tahun 2030 nanti, Indonesia menjadi pemain global sebagi export hub atau basis ekspor, baik untuk mobil bermesin pembakaran internal (ICE) maupun mobil listrik (EV). Sedangkan di dalam negeri, kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky diyakini bakl memantik kegairahan pasar dan industri otomotif nasional.

Sebab, kata Agus, SUV kompak itu ditawarkan dengan mesin di bawah 1.500cc. Sementara di pasar – dalam daftar penjualan hingga Februari 2021 – mobil dengan mesin kategori ini merupakan penguasa 34,1% dari pasar.
Menteri Agus juga menyebut, Astra Daihatsu Motor yang bertugas memproduksi mobil itu akan akan produksinya 34.300 unit tahun ini. “Di mana 8.800 unit di antaranya akan didedikasikan untuk pasar ekspor,” ujar Agus.

Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region, Yoichi Miyazaki yang hadir di acara tersebut menyatakan Toyota dan Daihatsu memulai kolaborasi sebagai bagian dari Grup Toyota dengan memaksimalkan kekuatan kedua perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Pengenalan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia-dok.Istimewa

“Dengan berinvestasi dalam menghadirkan advance technology dan mempromosikan konten lokal, kedua perusahaan ini akan terus meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan industri otomotif,” kata dia. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This