Hino Indonesia Pastikan Siap Jalani Standar Euro 4 Diesel Kapan Saja

Truk Hino Ranger bermesin common rail-dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Meski diundur setahun lagi – menjadi April 2022 – namun penerapan Standar Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel dipastikan akan berlaku di Indonesia. Menghadapi ketentuan tersebut, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menyatakan kesiapannya dalam menyuguhkan produk kendaraan berikut layanan purna jual yang sesuai dengan standar tersebut.

“Dalam fase Hino Road to Euro4 saat ini, berbagai pengembangan kendaraan telah kami lakukan sebagai pemain utama bus dan truk di Indonesia. Hal ini untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro4 tahun depan,” kata Presiden Direktur HMSI, Masato Uchida, dalam diskusi virtual dengan wartawan otomotif yang digelar di Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Hino, lanjut Uchida, yang sejak tahun 1995 telah mengembangkan mesin disel common rail, dan sekaligus tercatat sebagai pabrikan pertama yang mengembangkan mesin berteknologi itu. Sedangkan di Indonesia – yang menjadi salah satu basis produksi Hino di dunia – sejak tahun 2010 mengekspor truk dan bus bermesin common rail dengan standar Euro 4 ke sejumlah negara.

“Termasuk ke berbagai negara di Asean dan Amerika Latin. Terutama yang sudah standar emisi Euro 4 yang bermesin common rail ke Filipina dan Vietnam,” ucap Uchida.

Bus milik PO Harapan Jaya – dok.Motoris

Chief Operating Officer HMSI, Santiko Wardoyo, pada kesempatan yang sama mengatakan di Indonesia, Hino memperkenalkan teknologi mesin common rail sejak tahun 2012. Mesin injeksi common rail memungkinkan kontrol emisi dan konsumsi bahan bakar dan tenaga yang lebih baik.

Terlebih, mesin common rail Hino diklaim memiliki keunggulan memiliki tiga kali penyaringan bahan bakar sehingga melindungi engine dari kontaminasi bahan bakar. Injektor menggunakan Diamond Like Carbon (DLC) yang membuat durabilitasnya sangat baik dan tahan terhadap gesekan.

“Sistem common rail turut juga menghasilkan emisi gas buang lebih rendah dan ramah lingkungan karena pembakaran lebih sempurna karena pengaturan untuk injeksi, waktu, jumlah dan tekanan dapat diatur membuat emisi jauh lebih rendah,” ujar Santiko.

Truk Hino Ranger bermesin common rail yang dipasarkan di Indonesia – dok.Istimewa

Saat ini beberapa model truk dan bus Hino yang bermesin common rail sudah menjadi andalan para pebisnis di Indonesia. Di antara model itu adalah Hino Ranger FM 285 JD untuk dump, Ranger FL 245 JN dan FM 350 TH untuk cargo dan Hino bus RN 285. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This