Honda Luncurkan Model Baru di Pekan Depan, Nama Z-RV Mencuat

Rendering alias tampilan hasil rekayasa digital Honda Z-RV versi Kleber Silva-dok.Istimewa via Cartoq


Jakarta, Motoris
– Honda Motor Company (Honda) melalui agen pemegang mereknya di Indonesia, yakni PT Honda Prospect Motor (HPM), akan melakukan peluncuran perdana untuk pasar global (world premier) mobil baru. Jadwal peluncuran ditetapkan Senin (3/5/2021) nanti.

Informasi ini terungkap dari undangan yang dilayangkan PT HPM ke media. “Pertama di Dunia, Honda Memperkenalkan Inovasi Terbarunya. Sebagai merek yang mengedepankan teknologi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi untuk kenyamanan konsumen,” tulis di undangan yang diterima Motoris, Kamis (29/4/2021) itu.

Bahkan, melalui akun instgramnya Hondaisme, HPM juga telah menyertakan gambar teaser dari model yang bakal digelontorkannya. Lantas, apa model yang bakal lahir itu?

“Ditunggu saja. Pokoknya diproduksi di dalam negeri (lokal Indonesia). Basisnya model terlaris di Indonesia saat ini,” ujar salah seorang kolega Motoris di Honda Indonesia saat dihubungi via pesan elektronik, di Jakarta, Kamis (29/4/2021) malam.

Teaser mobil baru Honda yang akan diluncurkan pada 3 Mei 2021 – dok.Istimewa

Jika melihat data penjualan mobil – yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) – model Honda yang terlaris saat ini adalah Honda Brio. Tercatat, sepanjang tahun 2020 lalu, Honda Brio terjual ke diler (wholesales) sebanyak 40.879 unit sepanjang tahun 2020.

Sementara penjualan ritelnya sebanyak 105 unit. Jumlah itu setara dengan 57% dari total penjualan ritel Honda Indonesia yang sebanyak 182.655 unit. Sedangkan penjualan ritel di bulan Maret tahun ini, Brio mengantongi angka 4.760 unit atau setara dengan 47% dari total penjualan ritel yang dikoleksi Honda di bulan itu, 10.048 unit.

Namun, dugaan kuat yang mengindikasikan mobil baru yang akan digelontorkan oleh Honda pada pekan depan itu Honda Z-RV adalah, petunjuk pendaftaran hak paten atas nama itu. Seperti dilansir laman Cartoq, Honda telah mendaftarkan nama itu ke kantor hak paten setempat pada bulan Mei 2020.

Honda Brio RS-dok.Motoris

Informasi yang terkait dengan pendaftaran itu adalah, mobil tersebut adalah crossover (atau SUV) kompak atau sub-4 meter dengan nama Honda Z-RV dengan basis Honda Amaze. Model yang menjadi basis itu di tempat lain, khususnya Indonesia, dikenal sebagai Honda Brio.

Bahkan seperti dialporkan laman SBS News, pada bulan sebelumnya – tepatnya 17 April 2020 – Honda mendaftarkan nama baru dengan embel-embel R-V itu ke Organisasi Kekayaan Hak Intelektual Dunia (WIPO) di Australia. Artinya, model tersebut merupakan produk yang ditujukan untuk pasar global.

Penamaan menggunakan huruf Z sebelum akhiran RV itu diartikan sebagai pencerminan generasi Z alias generasi milenial. Dengan kata lain, mobil baru itu merupakan mobil yang ditujukan untuk kalangan usia muda.

Rendering-tampilan-belakang-Honda-Z-RV-versi-Kleber-Silva-dok.Istimewa-via-Cartoq

Lantas benarkah mobil baru yang akan disodorkan Honda melalui Honda Indonesia ke dunia itu Honda Z-RV? Jika benar, dia akan menjadi penantang Toyora Raize dan Daihatsu Rocky yang hari ini, Jumat (30/4/2021) resmi meluncur di Tanah Air. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This