Hyundai Hadirkan Kona N, SUV Kona Paling Joss Bertenaga 280 HP

Hyundai Kona N-dok.Istimewa via Carscoops


Seoul, Motoris – Hyundai Motor Company (Hyundai), Rabu (28/4/2021) lalu resmi meluncurkan crossover Hyundai Kona dengan performa paling tinggi alias Hyundai Kona N. Pabrikan yang berdiri sejak tahun 1967 itu memiliki sub merek untuk mobil-mobil dengan performa di atas rata-rata yang dinamai Hyundai N.

Seperti dilaporkan kantor berita Yonhap dan laman Carscoops, Rabu (28/4/2021), Hyundai Kona N bergabung dengan sejumlah model yang tercatat memiliki semburan tenaga dan torsi yang joss dan telah diproduksi Hyundai. Mereka adalah Hyundai i30 N, Tucson N Line, i10 N Line, Sonata N, hingga Hyundai Veloster N.

Hyundai Kona versi ini mengusung empat silinder 2.0 liter turbocharged gasoline direct injection (T-GDI) yang menyemburkan tenaga hingga 280 hp dengan torsi sebesar 392 Nm. Data teknis yang disodorkan pabrikan menunjukkan, Kona N memiliki kurva yang rata dalam performa mesin, yakni semburan tenaga dan sodokan torsi yang dihasilkan stabil pada putaran mesin tingkat tengah hingga atas.

Interior Hyundai Kona N-dok.Istimewa via Carscoops

Dengan letupan tenaga dan torsi yang stabil inilah, kinerja Hyundai Kona N diklaim memang jauh di atas rata-rata versi reguler. Bagi pecinta kecepatan maupun penggemar mobil sport, kinerja seperti ini adalah tipe-tipe mobil yang layak menjadi pilihan.

Terbukti, Hyundai Kona N mampu berakselerasi dari posisi diam yakni saat kecepatan 0 kilometer perjam (kpj) ke kecepatan 100 kpj hanya dalam waktu 5,5 detik.

Sederet fitur canggih disematkan Hyundai mobil ini. Salah satunya adalah fitur N Corner Carving Differential yang tak lain adalah Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elektronik. Fitur ini berfungsi membagi torsi mesin pada dua roda depan kala mobil berbelok untuk mengurangi selip roda.

Ilustrasi, fitur N Corner Carving Differential pada mobil Hyundai N – dok.Istimewa

Walhasil, mobil akan terhindar dari understeer. Pasalnya, dalam kondisi seperti itu tenaga terus disalurkan pada roda yang mengalami selip selama berbelok cepat.

“Kona N merupakan hot SUV sejati dengan level performa sebuah hot hatch,” kata Albert Biermann, President & Chief R&D Division Hyundai Motor Group, Albert Biermann saat peluncuran seperti disairkan kanal Youtube Hyundai. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This