Konsumsi BBM Toyota Raize 1.0 Turbo Bisa Tembus 18 Km/Liter

Toyota Raize diharap menjadi bintang baru penjualan Toyota di Indonesia-dok.TAM_


Jakarta, Motoris – Sport Utility Vehicle (SUV) kompak Toyota Raize – untuk saat ini baru varian 1.0 Turbo – telah resmi hadir di Indonesia dengan harga Rp219,9 juta – Rp265,9 juta on the road Jakarta. Ada sejumlah daya tarik di mobil yang membidik konsumen kalangan usia muda itu.

Selain gaya desain, fitur, serta performa, daya tarik di mobil ini adalah hadirnya tipe tertinggi yang menyandang nama Raize GR Sport. Tentu, bagi mereka yang menyukai mobil-mobil sport Toyota penyandang nama GR, tentu kehadiran tipe itu menjadi sebuah tawaran yang menggiurkan.

Namun, daya tarik yang tak kalah menarik di SUV bermesin 1.0 liter tiga silinder – yang menyeburkan tenaga 96,6 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi hingga 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm – ini adalah konsumi bahan bakarnya.

Mesin Toyota Raize-dok.TAM_

Seperti diungkap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, hasil pengetesan yang dilakukan di internal Toyota, diketahui konsumsi bahan bakar (BBM) mobil ini per 100 km hanya sekitar 5,6 liter. “Ini untuk kondisinya variasi ya luar kota dalam kota, kombinasi ya. Kalau diconvert (dikonversi) itu 17,8-18 kilometer per liter,” kata dia saat konferensi pers virtual usai peluncuran mobil itu di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Apa yang diungkapkan masuk akal. Pasalnya, secara teori – dengan mesin mengusung mesin berkapasitas kecil (hanya 1.0 liter) maka bobot mobil juga lebih ringan.

Walhasil konsumsi bahan bakar juga lebih hemat. Terlebih, penggunaan peranti turbo akan menyebabkan konsumsi BBM oleh mesin akan lebih hemat – untuk mesin berbahan bakar bensin – hingga 20%.

Lincah, stylish, berperforma, plus harga terjangkau menjadi Toyota Raize sebagi SUV yang pas bagi kalangan usia muda – dok.TAM

Toyota Raize yang berdimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm ini diharapkan Toyota, bisa menjadi salah satu mobil terlaris di Tanah Air. “Saya rasa bisa menjadi salah satu best selling, bukan satu-satunya. Karena di Indonesia pilihan di harga Rp200 juta atau Rp300 juta sudah sangat banyak,” kata Anton.

Terlebih, dia juga memiliki daya tarik fitur canggih yang melimpah. Mulai dari Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, hingga immobilizer.

Toyota Raize-dok.TAM_

Bahkan untuk tipe tertinggi dilengkapi Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Dengan serangkaian keunggulan ini, TAM berani mematok target, Raize varian ini bisa terjual 2.000 unit saban bulannya. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This