Porsche Sport 911 Konvensional akan Tetap Eksis Berkat Bahan Bakar Hidrogen

Porsche 911 yang akan menggunakan bahan bakar hidrogen-dok.Reuters


Frankfurt, Motoris
–Setelah beberapa waktu lalu sukses merngembangkan mobil listrik sport listrik – Porsche Taycan, dan berhasil menggaet konsumen dunia – kini Porsche AG, membuat terobosan anyar agar mobil-mobil berbahan bakar bensin buatannya tetap relevan di era dekarbonisasi alias era penghapusan emisi karbon. Caranya, mobil bermesin pembakaran internal itu bukan lagi menggunakan bensin, tetapi hidrogen.

Seperti dilaporkan Reuters dan Nikkei, Senin (3/4/2021), produsen mobil asal Jerman itu menggandeng Siemens Energy mendirikan perusahaan anyar bernama EFuel Porsche. Mereka membangun pabrik di Chili untuk memproduksi bahan bakar hidrogen hijau.

Bahan bakar yang merupakan energi terbarukan ini bercampur dengan karbon dioksida dari udara bebas menghasilkan metanol. Dan metanol inilah yang menjadi pengganti dari bensin.

“Dengan menggunbakan metanol khusus tersebut maka emisi karbon dioksida yang dihasilkan dari pembakaran di mesin mobil berkurang hingga 90% dibandingkan dengan bensin konvensional,” kata Porsche dalam pernyataan resmi.

Porsche Taycan mobil sport Porsche bersumber tenaga dari motor listrik-dok.Reuters

Direktur penelitian dan pengembangan Porsche, Michael Steiner, mengatakan elektrofuel sintetis itu memungkinkan pemilik mobil bisa mengendarai mobil berkinerja tinggi miliknya menggunakan mesin pembakaran konvensional tanpa mengeluarkan karbon dioksida. “Mereka bisa tetap menikmati sesansi mobil sport bermesin pembakaran internal. Tidak ada yang berubah,” kata dia.

Pabrik EFuel Porsche dibangun dengan investasi awal sebesar 20 juta euro. Pada awal, produksinya 130.000 liter yang akan diproduksi mulai tahun 2022, dan selanjutnya ditingkatkan menjadi 550 juta liter pada tahun 2026.

Jumlah produksi bahan bakar sebanyak itu diperkirakan cukup untuk digunakan oleh 1 juta kendaraan.Bahan bakar akan ditawarkan kepada mereka yang membeli mobil sport Porsche 911 atau lainnya.

Porsche 911 merupakan mobil Porsche terlaris. Pada tahun 2020 lalu terjual 34.000 unit, atau menurun dibanding tahun 2019. Model ini menjadi penopang keuntungan pabrikan dengan margin 50%.

Ilustrasi, logo Porsche – dok.Porsche

“Dengan EFuel Porsche akan memangkas emisi karbon dioksida, sehingga menghilangkan risiko mobil sport dihapuskan demi era listrik. Kami tidak tahu seberapa cepat transisi mobil plug-in konvensional atau hibrida ke kendaraan yang sepenuhnya listrik,” kata Steiner.

Namun untuk tahap awal penggunaan bahan bakar hidrogen itu amenghadapi kendala utama, terutama biaya. Pada tahun 2022 nanti harganya diperkirakan mencapai US$ 10 per liter.

Meski pada tahun 2026 atau tahun 2027 harga diperkirakan sudah bisa ditekan menjadi US$ 2 per liter. Hal itu seiring dengan bertambahnya volume produksi. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This