Penjualan Ritel Daihatsu Januari – April Tahun Ini, Masih Ambles

Daihatsu Sigra versi terbaru – dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Meski di bulan April mencatatkan kenaikan sebesar 10,6% – dengan total vlume 13.000-an unit – dibanding penjualan selama Maret, namun secara total kumulatif selama Januari hingga April, penjualan ritel Daihatsu masih ambles dibanding periode sama tahun lalu. Meski selisihnya cukup tipis.

Data yang disajikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Senin (10/5/2021) menunjukkan, selama empat bulan pertama tahun ini, total penjualan ritel yang berhasil dibukukan Daihatsu sebanyak 43.983 unit. Sedangkan di kurun waktu yang sama tahun 2020 sebanyak 44.346 unit.

Padahal, penjualan ritel selama catur wulan pertama tahun 2020 itu juga sudah ambles dibanding periode sama tahun 2019. Di empat bulan pertama tahun 2019, Daihatsu berhasil membukukan penjualan ritel sebanyak 60.706 unit.

LCGC Astra Daihatsu Ayla-dok.Istimewa

Meski, jumlah penjualan ritel yang berhasil dikantongi itu juga sudah merosot 6,4% dibanding jumlah yang berhasil dikoleksi selama catur wulan pertama tahun 2018. Sebab, saat itu, merek asal Jepang ini berhasil meraup jumlah penjualan ritel sebanyak 64.880 unit.

Rekam jejak penjualan ritel empat bulanan sejak tahun 2018 hingga 2021 ini membuktikan, meski pandemi Covid-19 menberjang Indonesia pun, penjualan ritel Daihtasu sudah ambles. Kendati demikian, harus diakui di bulan April tahun ini terdapat kenaikan yang lumayan yakni 10,6% dibanding bulan Maret.

Data yang dirilis PT ADM memperlihatkan penjualan ritel Daihatsu di bulan keempat itu didominasi oleh tiga model utama. Mereka adalah Daihatsu Sigra yang terjual sebanyak 3.591 unit yang berkontribusi sebesar 26,3%; disusul Gran Max Pick Up dengan hasil 3.381 unit (24,7%); dan Terios yang terjual 2.481 unit (18,1%).

Ilustrasi, Daihatsu Xenia model terbaru – dok.Istimewa

Sekadar catatan dari tiga model ini, hanya Daihatsu Terios yang mendapatkan insentif berupa relaksasi pajak yakni pemangkasan (diskon) tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31/PMK.010/2021 pemberian diskon atas tarif PPnBM dari tarif yang berlaku dengan besaran yang berbeda di tiga periode.

Periode pertama, Maret – Mei dengan besaran diskon 100%. Periode kedua selama Juni – Agustus, dengan besaran diskon 50% atas tarif sebelumnya. Sedangkan periode ketiga, September – Desember besara diskon 25% atas tarif yang berlaku sebelumnya.

All New Daihatsu Terios – dok.Istimewa

“Daihatsu optimis, pasar mobil di bulan selanjutnya akan tetap bergairah seperti yang terjadi pada bulan Maret dan April 2021. Kami mendukung himbauan pemerintah untuk tidak mudik, karena Daihatsu percaya himbauan ini akan menekan penyebaran Covid-19, sehingga ekonomi Indonesia bisa kembali kondusif,” kata Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Amelia Tjandra, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin (10/5/2021). (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This