Porsche Siapkan Macan Versi Listrik, Diluncurkan Tahun 2023

Porsche Macan listrik tengah menjalani tes – dok.Istimewa via London News Time


Stuttgart, Motoris
– Porsche AG terus mempersiapkan diri menuju era elektrifikasi dunia dengan terus mengembangkan model-model bersumber tenaga dari motor listrik. Setelah Porsche Taycan yang telah gemilang mengukir angka penjualan, kini pabrikan yang bermarkas di Stuttgart, Jerman, ini menyiapkan Porsche Macan bersumber tenaga dari setrum.

Dalam keterangan resmi yang dilansir laman Car and Driver dan Auto Express, Selasa (11/5/2021), Porsche mengatakan, Macan listrik akan dirilis pada tahun 2023 nanti. Dia dibekali motor listrik plus baterai yang menyokongnya untuk menempuh jarak yang lebih jauh ketimbang Taycan, dalam sekali cas baterai.

Menurut perkiraan Environmental Protection Agency (EPA) jika baterai Porsche Macan terisi penuh akan sanggup melaju hingga jarak 364 kilometer tanpa henti atau bahkan lebih. Dengan kemampuan jelajah sejauh itu, dia akan bersaing dengan Ford Match-E dan Tesla Model Y.

Pengujian Porsche Macan listrik akan menempu jarak hingga 1 juta kilometer-dok.Istimewa via Autoevolution

Porsche Macan listrik ini menggunakan platform arsetektur baru yang digunakan Volkswagen Group – karena Porsche merupakan bagian dari grup itu – yakni Premium Platform Electric (PPE). Baterainya sama dengan yang digunakan oleh Porsche Macan dengan kapasitas 800 volt yang memungminkan pengisian daya secara cepat.

Meski, Porsche menyebut akan menawarkan dua ukuran baterai bagi Macan listrik ini. Hal itu sesuai dengan varian Macan versi konvensional yang dibuat dalam varian S, Turbo, dan GTS meski semuanya ditopang mesin empat silinder turbo atau turbo V-6.

Kini, Macan listrik tengah menjalani serangkaian uji coba di berbagai wilayah dan kondisi iklim. Porsche menyebut, mobil itu akan menjalani tes hingga jarak sejauh 1 juta kolometer sebelum diproduksi massal dan diluncurkan ke dunia.

Sepanjang Januari – Maret atau kuartal pertama tahun ini, Porsche telah berhasil menjual mobil buatannya sebanyak 71.986 unit. Penjualan itu naik hingga 36% dibanding penjualan selama periode sama tahun 2020, yang sebanyak 53.125 unit.

Sistem sumber listrik Porsche Macan, untuk sementara selama masa pengujian dan sebelum difnalisasi untuk produksi – dok.Istimewa via Carsales

Dari total penjualan sebanyak itu, Porsche Macan menyumbang 22.458 unit. Artinya, model ini merupakan yang terlaris.

Dia disusul Porcshe Cayenne yang laku sebanyak 19.533 unit. Sementara terlaris ketiga, Porsche 911 terlego sebanyak 9.133 unit dan disusul Porsche Taycan sebanyak 9.072 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This