Sama-sama Turun, Penjualan Honda BR-V Masih Jauh di Bawah Rush dan Terios

Honda BR-V – dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang bulan April kemarin, penjualan sejumlah Low Sport Utility Vehicle (LSUV) kondang di Indonesia ke konsumen (ritel) – yakni Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Honda BR-V – tercatat melorot dibanding bulan sebelumnya. Meski begitu, Rush dan Terios masih bercokol di posisi juara dan runner up penjualan.

Data yang dihimpun dari laporan penjualan ritel ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di bulan keempat itu Toyota Rush terjual ke konsumen sebanyak 3.735 unit. Jumlah ini menyusut 4.336 unit dibanding penjualan yang dibukukan selama bulan Maret yang sebanyak 8.071 unit.

Secara kumulatif empat bulan atau dari Januari hingga April, jumlah penjualan ritel yang dikoleksi Toyota Rush sebanyak 16.839 unit. Jumlah ini berasal dari Januari yang sebanyak 3.352 unit, Februari 1.681 unit, dan Maret 8.071 unit dan April 3.735 unit.

Sementara Daihatsu Terios yang bercokol di urutan kedua, selama bulan April mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 2.481 unit, sehingga mengantarkannya membukukan penjualan ritel di catur wulan pertama sebanyak 6.972 unit. Secara rinci, angka itu dicatatkan pada Januari sebanyak 1.166 unit, Februari 1.112 unit, dan Maret 2.517 unit dan April 2.481 unit.

Toyota All New Rush -dok.Auto2000

Jika dibandingkan dengan kembarannya – Toyota Rush – jumlah penjualan yang berhasil diraup Daihatsu Terios jauh tertinggal. Selisihnya mencapai 9.867 unit, sangat jauh untuk ketertinggalannya.

Namun, angka penjualan Terios ini masih jauh di atas penjualan ritel yang berhasil dibukukan oleh Honda BR-V, yang diketahui sama-sama menjadi penikmat insentif berupa relaksasi pajak – berupa diskon tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) – yang diberikan oleh pemerintah. Di bulan April, LSUV andalan Honda itu hanya terjual sebanyak 221 unit alias merosot jika dibanding penjualan di bulan Maret yang masih sebanyak 286 unit.

Dengan tambahan penjualan di bulan April itu, maka total penjualan ritel Honda BR-V sepanjang empat bulan pertama tahun ini mencapai 728 unit. Jumlah ini dikoleksi pada bulan Januari sebanyak 131 unit, Februari 90 unit, Maret 286 unit, dan April 221 unit.

All New Daihatsu Terios – dok.Istimewa

Seperti diketahui, berdasar penetapan Menteri Perindustrian melalui Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 839 Tahun 2021, Honda BR-V, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios merupakan tiga mobil dari 21 mobil yang mendapatkan insentif relaksasi pajak berupa diskon tarif PPnBM.

Mereka masuk ke kategori mobil 1.500 cc berpenggerak 4×2 yang memenuhi syarat yakni dibuat di dalam negeri dengan kandungan lokal minimal 70%.

Adapun syarat dan ketentuan plus besaran diskon yang diterima – yakni pemangkasan tas tarif PPnBM yang berlaku sebelumnya – ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31 Tahun 2021. Beleid ini menyatakan, insentif diberikan dalam tiga periode dengan besaran diskon yang berbeda.

Honda BR-V yang dipasarkan di Indonesia – dok.Motoris

Periode pertama Maret – Mei (dengan besaran diskon 100%), dan periode kedua yakni Juni – Agustus (dengan besaran diskon 50%). Sedangkan periode ketiga yakni September – Desember (besaran diskon 25%). (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This