Disebut Meluncur di 2022, Ini Informasi Soal Jatidiri Jimny Lima Pintu

Suzuki Jimny lima pintu tengah diuji jalan-dok.Istimewa via Autoindustriya


Mumbai, Motoris – Suzuki Motor di India dikabarkan bakal meluncurkan SUV subkompak Suzuki Jimny pada tahun 2022 mendatang, setelah proses pengujian prototipe versi anyar Jimny itu tertangkap kamera. Media otomotif di Negeri Sari itu menyebut, meski lima pintu namun dimensi panjang SUV itu tetap di bawah 4.000 milimeter (mm) atau kurang dari 4 meter.

Rangkuman informasi yang disajikan medi-media Indonesia dan dilansir laman Autoindustriya, belum lama ini, menyebut panjang Jimny lima pintu itu sekitar 3.850mm dan jarak sumbu rodanya 2.550 mm. Artinya, panjangnya hanya bertambah 200 mm, dan wheelbase-nya bertambah 300 mm.

Adapun untuk lebar dan tingginya tak mengalami perubahan, alias sama dengan versi tiga pintu yakni 1.645 mm dan 1.725 mm. “Bahkan, Jimny lima pintu ini sebenarnya lebih pendek dari pada Honda Jazz (yang kini sudah tak diproduksi lagi), karena hatchback Honda itu panjangnya 3.989 mm. Sehingga, kami ingin tahu seberapa luas Jimny lima pintu nantinya,” tulis Autoindustriya.

Suzuki Jimny lima pintu yang kini disiapkan untuk meluncur pada tahun 2022-dok.Istimewa via Autoindustriya

Mesinnya juga masih sama dengan versi tiga pintu, yakni 1.5 liter K15B empat silinder segaris. Meski ada informasi – yang belum dikonfirmasi secara resmi oleh Suzuki – yang menyatakan versi lima pintu akan diimbuhi turbo untuk memberinya lebih banyak tenaga.

Kabar itu juga menyebut, powertrain hybrid ringan tampaknya juga akan tersedia. Bobot varian lima pintu ini diperkirakan bertambah berat 100 kilogram dibanding versi tiga pintu. Ini bisa menjadi alasan mengapa turbocharger akan digunakan pada Jimny lima pintu. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This