Kabar Kawasaki Siapkan Motor 400cc Empat Silinder Menyeruak

Kawasaki ZX-25R-dok.Istimewa

Tokyo, Motoris – Setelah Kawasaki Motor memperkenalkan motor 250cc empat silinder – Kawasaki Ninja ZX-25R – di hajatan Tokyo Motor Show 2019 lalu, pasar motor dunia dan komunitas pecinta motor sport dunia ingar bingar di buatnya. Maklum, hingga kini, belum ada motor empat silinder versi produksi dengan mesin berkubikasi rendah (apalagi seperempat liter).

Kini keriuhan di pasar motor sport dunia kembali terpantik setelah rumor yang menyebut Kawasaki bakl memproduksi motor empat silinder menyeruak dan menghentak dunia. Seperti dilaporkan laman inMoto dan Visordown, Rabu (18/5/2021), geng Hijau ini disebut-sebut tengah menggarap motor sport 400cc empat silinder.

Pabrikan disebut bakal menggunakan formula yang sederhana untuk Kawasaki ZX-4R tersebut, yakni dengan meningkatkan kapasitas mesin Kawasaki ZX-25R. “Caranya mudah dengan memperbesar lubang silinder, lalu ukuran piston dan engkol disesuaikan,” tulis dua media tersebut.

Sebelumnya, Honda Motor,juga disebut-sebut tengah mengembangkan motor sport 400cc empat silinder. Bahkan, isu ini sudah santer di pertengahan tahun 2020 lalu, meski kini di Jepang juga mulai menghangat lagi setelah isu Kawasaki Ninja ZX-4R menyeruak.

Rendering tampilan Honda CBR400RR – dok.Young Machine

Media otomotif Jepang, Young Machine, di medio tahun lalu menyebut, isu Honda mengembangkan motor 400cc empat silinder itu bahkan telah menggelinding sejak Kawasaki meluncurkan Ninja ZX-25R.

Motor Honda itu diduga menggunakan nama All New Honda CBR400RR, dengan mesin DOHC berkapasitas 399 cc VTEC empat silinder. Semburan tenaganya disebut mencapai 55,2 hp pada 11.000 rpm dengan torsi 39 Nm pada 9.500 rpm, yang disalurkan ke roda menggunakan girboks enam tingkat percepatan.

Bahkan, gambar rendering motor Honda 400cc empat silinder itu juga telah beredar. Meski, hingga kini belum ada tanggapan resmi dari masing-masing pabrikan terkait kabar tersebut. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This