Empat Bulan Terjual 16.839 Unit, Toyota Rush Rajai Pasar Low SUV di RI

Toyota All New Rush -dok.Auto2000


Jakarta, Motoris – Sepanjang bulan April tahun 2021 ini Toyota Rush tercatat terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 3.735 unit, sehingga total penjualannya ke konsumen selama Januari – April mencapai 16.839 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, Rush bertengger di posisi pubcak penjualan di segmennya dan meningggalkan lawan-lawannya dengan selisih penjualan yang jauh.

Sebelumnya, data penjualan ritel yang dihimpun Motoris dari catatan laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan di tiga bulan pertama atau Januari – Maret, Toyota Rush terjual ke konsumen sebanyak 13.104 unit. Rinciannya, selama Januari terlego sebanyak 3.352 unit, Februari 1.681 unit, dan Maret 8.071 unit.

Jumlah penjualan Rush jauh di atas penjualan ritel yang dikoleksi Mitsubishi Xpander Cross yang sebanyak 4.795 unit. Low SUV anadalan Mitsubishi Motors Indonesia itu bertengger di urutan kedua di daftar Low SUV terlaris setelah di Januari terjual 1.377 unit, Februari 908 unit, dan Maret 2.206 unit.

Mitsubishi Xpander Cross – dok.Istimewa

Sementara kembaran Toyota Rush – yakni Daihatsu Terios – pada kuartal pertama itu penjualan ritelnya sebanyak 4.491 unit. Jumlah itu berasal dari penjualan di Januari sebanyak 1.166 unit, Februari 1.112 unit, dan Maret 2.517 unit.

Pada kurun waktu yang sama, Suzuki XL7 mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 3.913 unit dan bercokol di urutan keempat. Jumlah itu dibukukannya pada Januari 1.227 unit, Februari 633 unit, dan Maret 2.053 unit.

Honda BR-V yang dijajakan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada rentang waktu yang sama laku dibeli konsumen sebanyak 507 unit. Rinciannya di Januari laku sebanyak 131 unit, Februari 90 unit, dan Maret 286 unit.

Suzuki XL7 – dok.PT SIS

Adapun SUV Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 560 pada periode tersebut terjual ke konsumen sebanyak 115 unit. Jumlah itu dia kumpulkan pada Januari sebanyak 32 unit, Februari 29 unit, dan Maret 54 unit.

Dari fakta data ini terlihat, Rush masih mencengkeram pangsa pasar terbesar di pasar Low SUV. Bahkan – jika misalnya masing-masing Low SUV pesaing berhasil membukukan penjualan 3.500 unit pun – secara kumulatif empat bulan dari Januari hingga April, masih tetap di belakang Low SUV andalan Toyota Indonesia itu. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This