Mazda akan Setop Produksi Mazda CX-3 dan Mazda 6

Mazda CX-3 model 2021 – dok.Mazda USA


California, Motoris – Mazda Motors Corporation (Mazda), Jumat (21/5/2021) dalam pengumuman singkatnya menyatakan akan menghentikan produksi sedan Mazda 6 dan SUV kecil Mazda CX-3, setelah model 2021 ini habis terjual. Artinya model ini – setidaknya di Amerika Serikat – tidak akan model terbarunya.

Seperti dilaporkan Motor Trend dan US News, belum lama ini, penghentian produksi sedan Mazda 6 itu didasari fakta penjualan sedan ini terus menurun, dan kalah dengan versi SUV. Pabrikan asal Hiroshima, Jepang, ini mengatakan Mazda CX-5 yang berbasis Mazda 6, penjualannya jauh lebih moncer.

Sedangkan soal penghentian produksi Mazda CX-3, pabrikan yang berdiri sejak tahun 1920 ini menyebut didasari pertimbangan untuk melakukan pilihan cermat demi efisiensi. Sebab, faktanya, konsumen lebih memilih Mazda CX-30 yang dimensi ukurannya lebih besar, lebih ganteng, dan lebih bertenaga.

Mazda 6 sedan, varian bermesin 2.5 liter turbocharged di Amerika Serikat-dok.Mazda USA

Sehingga, lanjut Mazda, akan mubazir jika dua-duanya tetap diproduksi namun ternyata imbal balik dari penjualan tak sepadan. Maklum, biaya pengembangan dan produksi sebuah model tidaklahmurah, meski model yang telah eksis di pasar sekali pun.

Sekadar informasi, Mazda 6 mulai dijual pada tahun 2013, dan Mazda terus melakukan ubahan atau penyegaran. Pembaruan cukup besar terjadi pada tahun 2018 lalu, dimana pabrikan memberikan fitur berteknologi kecerdasan, bahkan menyuguhkan varian anyar bermesin 2.5 liter tubocharged.

Sedangkan Mazda CX-3, diluncurkan di Amerika Utara pada tahun 2015 atau sebagai model 2016. Pada tahun 2018 Mazda memberikan sentuhan perubahan (facelift) lalu disusul tahun 2020 lalu.

Pabrikan juga melakukan perombakan nomenklatur model Mazda CX-3, yakni menambahkan level trim Touring dan Grand Touring. Mazda juga memberinya fitur anyar Apple Carplay dan Android Auto.

Hanya, ternyata serangkaian ubahan tersebut tak mampu mendongkrak daya saing Mazda CX-3. Laporan hasil survei tahunan tentang kepuasan pelanggan yang digelar Consumer Reports untuk tahun 2021, mengungkap fakta itu. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This