Toyota Raize, Trendsetter Standar Baru SUV di Bawah Rp 300 Juta

Toyota Raize 1.0 L Turbo yang kini dipasarkan di Indonesia-dok.Motoris


Jakarta, Motoris – Kehadiran SUV kompak Toyota Raize di Indonesia pada akhir April lalu, tak hanya mengubah peta persaingan di segmen pasarnya. Namun, SUV 5-seater ini juga menjadi pembawa tren baru, yakni standar bagi SUV dengan banderol di bawah Rp 300 jutaan.

Toyota Motor melalui agen pemegang mereknya di Indonesia – yakni PT Toyota Astra Motor (TAM) – di awal penggelontoran Raize ke pasar Indonesia saat ini menyajikan varian bermesin 1.0 liter turbo. Kehadiran varian ini menjadi sebuah kesan pertama yang mengagumkan.

Betapa tidak, mesin 1.0 liter dengan imbuhan turbo menyemburkan tenaga hingga 98 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm. Namun bukan itu saja yang membuat mobil ini istimewa. Tetapi kelengkapan fitur yang ditanam padanya oleh Toyota.

Mobil dengan banderol di bawah Rp300 juta ini telah memiliki fitur – tipe tertinggi yakni 1.0T GR Sport TSS – Toyota Safety Sensing (TSS) yang serupa dengan Toyota Corolla Cross dan Toyota Camry. Padahal, dua mobil terakhir itu, harganya jauh di atas Raize.

Mesin Toyota Raize 1.0L Turbo – dok.Motoris

Tetapi bukan hanya tipe tertinggi saja, di tipe di bawahnya pun seabrek fitur juga diberikan. Tipe 1.2 G, 1.0T G dan 1.0T GR Sport dilengkapi dual airbags. Mereka juga menyandang – seperti halnya tipe tertinggi, tipe 1.0T GR Sport TSS – sederet fitur penting, mulai dari rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm plus Immobilizer.

Inilah sebuah tren baru yang dibangun oleh Toyota di segmen pasar SUV berbanderol kurang dari Rp 300 juta itu. Namun, jika pabrikan asal Jepang itu membuat tren baru, karena memang potensi pasarnya, yakni target pasar yang dibidik juga besar.

“Segmen market yang dibidik Toyota Raize adalah kalangan usia muda yang mapan atau kalangan milenial. Potensi pasar ini sangat besar, karena jumlahnya sangat banyak. Selain itu, orang-orang (yang secara usia lebih dewasa, tetapi memiliki semangat) berhiwa muda. Ini juga cukup banyak,” ungkap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi Motoris, belum lama ini.

Toyota Raize GR Sport 1.0L Turbo-dok.Motoris

Impian orang muda
Anton Jimmi tak asal bicara. Faktanya, hasil sensus penduduk Indonesia tahun 2020 yang dipaparkan Badan Pusat Statistik pada Jumat (22/1/2021), memperlihatkan, mayoritas penduduk Indonesia adalah orang-orang berusia muda.

Jumlah generasi Z – yakni penduduk berusia 8 hingga 23 tahun – berjumlah 75,49 juta jiwa atau 27,94% dari total penduduk. Sementara generasi milenial – yakni mereka yang berusia 24 tahun hingga 39 tahun – sebanyak 69,38 juta jiwa atau 25,87%.

“Kalangan milenial memiliki ciri sangat melek terhadap teknologi, suka yang simpel, rasional, dan tentu saja gaul. Oleh karena itu, Raize ini dirancang dengan gaya yang simpel, memiliki fitur berteknologi tinggi, value for money, sekaligus menyenangkan saat dikendarai,” kata Anton Jimmi Suwandy.

Toyota Raize-dok.Motoris

Dengan dimensi ukuran panjang panjang 4.030 milimeter (mm), lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm, serta groung clerance 200 mm, mobil ini lincah saat dikemudikan di kemacetan lalu lintas. Terlebih mesin 1.0 liter plus turbo (versi yang saat ini dijual di Indonesia) yang disandangnya menyemburkan tenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm menjadikannya lincah.

Terlebih, bagi kalangan usia muda perkotaan efisiensi dalam penggunaan mobil baik biaya operasional (konsumsi bahan bakar Raize versi 1.0 L Turbo ini diklaim 1:18 km), tempat parkir, hingga pemakaian sehari-hari merupakan hal yang penting. Terlebih, meski ukuran kompak dengan kapasitas lima orang, namun suasana kabin tak terasa sumpek.

Interior bagian depan Toyota Raize 1.0L Turbo-dok.Motoris

Tes drive
Beberapa waktu lalu, Motoris telah mencoba atau menguji jalan mobil ini. Secara umum kesimpulan yang didapatkan ketika mengemudi SUV kompak adalah ini adalah mobil ini bisa dianda;kan karena memiliki tiga karakter yakni lincah, nyaman, aman, dengan fitur dan desain yang oke.

Ketika memulai berkendara, dengan menginjak pedal gas secara lembut, secara simultan semburan tenaga dan torsi yang besar sudah mulai terasa walau putaran mesin masih di angka 2.000 – 2.500 rpm. Dengan begitu, tak perlu menginjak pedal gas dalam-dalam (yang tentu akan berpengaruh ke konsumsi bahan bakar) untuk melaju lebih kencang.

Ketika mobil mulai digeber di jalan tol, mesin 1KR-VET 3 silinder turbo, segaris, 12 valve DOHC dengan VVT-I menunjukkan karakternya. Tak sulit untuk mencoba dari kecepatan rendah ke kecepatan 100 kilometer per jam lebih hanya dalam hitungan belasan detik.

Toyota Raize saat melibas tanjakan di tanjakan 13 Kuningan City Jakarta – dok.Motoris

Akselerasi bisa dilakukan dengan cepat dan mulus. Mobil pun tak oleng atau limbung meski dengan ukuran yang kompak. Artinya dari aspek aerodinamika pas, sehingga mampu menerobos hambatan angin dengan bagus.

Bahkan ketika dicoba untuk menanjak di tanjakan yang cukup ekstrim ( di gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City) dengan eneteng Toyota Raize melahapnya. Di tempat ini, fitur hill start assist benar-benar menyenangkan dan merasa aman. Mobil berhenti dengan sempurna, tentu ini akan sangat membantu kita ketika berada di jalur menanjak dan lalu-lintas macet.

Kembali lagi ke jalan, saat mobil digeber kembali ke jalan tol, keampuhan transmisi CVT tujuh tingkat kecepatan terasa keammpuhannya. Simulasi perpindahan gigi terasa halus dan cepat.

Tuas transmisi CVT tujuh tingkat perceoatan Toyota Raize – dok.Motoris

Menariknya, ketika ingin merasakan sensasi sport – terutama ketika ingin mendahului kendaraan lain yang berada di depan – bisa menggunakan mode transmisi manual melalui paddle shift. Cukup dengan sedikit menarik tuas perangkat itu, kita akan mendapatkan proses akselerasi yang lebih cepat yang sporty.

Kenyamanan juga terasa meski kita berada di tengah lalu-lintas padat. Setir yang mudah dikendalikan sesuai dengan keinginan kita menjadikan kita tetap menikmati mengemudi yang menyenangkan. Terlebih posisi jok dirancang memiliki ergonomi yang tinggi.

Satu hal lahi, selama mengemudi mobil ini, getaran dan suara bersik di dalam kabin nyaris tak terasa meski mobil melaju kencang di jalan tol maupun jalan bergelombang. Ini dikarenakan penggunaan stabilizer dan engine mounting khusus.

Tampilan bagian belakang Toyota Raize-dok.Motoris

Sederet fakta ini membuktikan bahwa Toyota Raize telah menjadi trendsetter tentang standar sebuah SUV berbanderol di bawah Rp 300 juta.(Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This