Ingat, Mulai 1 Juni Diskon PPnBM Mobil di Bawah 1.500 cc Jadi 50%

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander Cross – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah insentif perpajakan berupa pemangkasan (diskon) tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 100% alias PPnBM menjadi 0% akan berakhir Selasa (1/6/2021) lusa. Sejak tanggal itu pula, diskon tarif PPnBM hanya sebesar 50%.

Meski ada perubahan besaran diskon pajak itu, namun penjualan diyakini penjualan masih akan menguat. Pasalnya, motif pembelian kendaraan oleh masyarakat tidak semata-mata karena ada diskon tarif pajak semata.

“Apakah diskon pajak mempunyai dampak ketertarikan orang membeli mobil, tentu saja iya. Karena faktanya sejak Maret sampai April, memang ada kenaikan penjualan. Tetapi faktor pajak bukan satu-satunya yang menjadi pendorong, masih ada faktor lainnya yang pengaruhnya juga tidak kalah besar,” papar Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Faktor-faktor itu antara lain kebutuhan akan sarana transportasi, di mana kondisi Pandemi Covid-19, tidak sedikit masyarakat yang berkecenderungan menggunakan kendaraan pribadi. Kemudian, daya tarik model baru.

Suzuki XL7 – dok.PT SIS

“Keadaan ekonomi nasional sekarang juga terus berangsur stabil menuju pemulihan (ke kondisi sebelum pandemi Covid-19),” ucap Jongkie.

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.010/2021 merelaksasi perpajakan melalui pemangkasan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil 1.500cc ke bawah yang memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Selain memiliki kandungan lokal minimal 70%, aturan yang mulai efektif berlaku sejak 1 Maret 2021 itu juga menegaskan mobil penerimanya adalah mobil 4×2 yang diproduksi di dalam negeri.\

Diskon tarif PPnBM ini – sesuai dengan beleid tersebut – dilaksanakan dalam tiga periode, yakni Maret – Mei (dengan diskon 100% alias tarif menjadi 0%). Lalu, periode Juni – Agustus (diskon 50%, sehingga tarif menjadi 50% dari tarif awal), dan kemudian periode September – Desember (diskon 75%, sehingga tarif menjadi 25% dari besaran tarif yang berlaku sebelumnya).

New Wuling Confero S – dok.Istimewa

Mobil yang berhak
Ada 21 mobil bermesin 1.500 cc yang berhak mendapatkan insentif diskon tarif PPnBM ini. Mereka adalah
Berikut mobil yang mendapat relaksasi PPnBM dan kandungan TKDN-nya: Toyota Avanza, Toyota Yaris, Toyota Vios, Toyota Sienta, Toyota Rush, dan Toyota Raize. Semua dari merek Toyota.

Di jajaran merek Daihatsu ada Daihatsu Xenia, Daihatsu Grand Max, Daihatsu Luxio, Daihatsu Terios, dan Daihatsu Rocky. Kemudian di jajaran merek Mitsubishi, yang berhak mendapatkannya adalah Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross.

Toyota Raize diharap menjadi bintang baru penjualan Toyota di Indonesia-dok.TAM_

Pada merek Nissan, ada Nissan Livina. Kemudian di keluarga Honda yang berhak adalah Honda Brio RS, Honda Mobilio, Honda BR-V, dan Honda City Hatchback.

Kemudian di jajaran ada Suzuki Ertiga, dan Suzuki XL7. Sedangkan di jajaran merek Wuling hanya ada Wuling Confero. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This