Hadapi Persaingan, VW Polo Anyar Kini Berteknologi Otonom Level II

Tampilan depan VW Polo versi terbatru berteknologi otonom level II – dok.Carwow


Berlin, Motoris – Volkswagen (VW) AG telah meluncurkan dan menjual versi terbaru dari hatchback VW Polo. Pabrikan menegaskan, model anyar ini telah dilengkapi fitur teknologi pengemudian otomatis level dua.

Pernyataan resmi VW yang dilansir laman Automotive News, belum lama ini menyebut pabrikan melenmgkapi fitur yang sebelumnya telah digunakan model-model yang berukuran besar dan berada di kelas lebih atas. Model-model tersebut antara lain Golf, Tiguan, Passat, Arteon, dan Touareg.

“Polo baru ini memungkinkan pengendaraan secara otomatis terbatas, di semua rentang kecepatan. Terutama selama perjalanan di jalan raya, IQ.Drive Travel Assist menambahkan tingkat kenyamanan yang benar-benar nyata,” bunyi pernyataan pabrikan.

Pengoperasian teknologi ini sangat mudah. Di roda kemudi terdapat tombol terpisah untuk sistem bantuan pintar ini. Untuk mengaktifikannya cukup klik, dan sebagian pengemudian mobil pun akan berlangsung dengan kontrol otomatis secara lateral.

Interior VW Polo terbaru-dok.Youtube

Sistem ini didasarkan pada perpaduan Adaptive Cruise Control (ACC) dan panduan jalur adaptif, yang menggabungkan panduan lateral dan longitudinal. Dengan fitur teknologi otonom itu, VW Polo anyar ini menjadi mobil pertama berteknologi otonom level dua di kelas dan segmennya.

“VW telah menyegarkan Polo dengan memberikan fitur yang lebih maju dan menyegarkan desainnya dalam upaya untuk menangkis saingan di segmen mobil kecil yang kompetitif,” tulis Automotive News.

VW Polo versi penyegaran ini mendapatkan strip lampu yang menyala di sepanjang dasar gril di samping lampu utama LED standar.”Sementara di bagian belakang, lampu depan posisi vertikal tiga tumpuk (bagaian atas terpanjang) mencuatkan kesan versi anyar ini lebih lebar,” ujar Kepala Desain Eksterior VW, Marco Pavone.

Tampilan belakang VW Polo versi terbaru-dok.Archyde

Sementara itu, data yang dilansir perusahaan penyedia data industri dan pasar JATO Dynamics menunjukkan sepanjang tahun 2020 lalu, penjualan VW Polo di Eropa merosot hingga 34% dibanding tahun sebelum. Tercatat, di tahun 2020 itu hanya 167.826 unit Polo yang terlego. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This