Besok Operasikan Pabrik Thailand, Ini Mobil Pertama yang Diproduksi GWM

Peluncuran global All New Haval 6 hybrid di Bangkok Motor Show 2021 – dok.Great Wall Motors


Bangkok, Motoris
– Produsen mobil asal Cina, Great Wall Motors (GWM) yang telah mejmbeli pabrik bekas milik General Motors (GM) di Rayong, Thailand, mulai mengoperasikan pabriknya pada Rabu (9/6/2021) besok. Peresmian itu juga menandai mulai diproduksinya model pertama pabrikan itu di Thailand.

Seperti dilaporkan Bangkok Post, belum lama ini, seorang sumber di GWM Thailand mengatakan model pertama yang akan diproduksi adalah SUV berteknologi hybrid. “Pabrik, akan memproduksi model pertama yakni mobil sport serbaguna (SUV) Haval,” ujar dia.

Mobil itu tidak hanya ditujukan untuk pasar Thailand saja, tetapi juga untuk pasar negara lain alias pasar ekspor. Selain di kawasan Asean juga wilayah lain.

GWM tak menyebut apakah pabrik ini juga akan digunakan untuk memproduksi kendaraan listrik baterai (BEV). Meski, pada Maret lalu, GWM menyatakan BEV akan diluncurkan dari pabrik di Thailand pada tahun 2023.

Haval hybrid – dok.GWM

Tetapi yang pasti, kehadiran pabrik itu menjadikan Thailand sebagai basis produksi perusahaan di Asia Tenggara dalam upaya untuk meningkatkan penjualan di pasar internasional. GWM sebelumnya mengumumkan akan mengucurkan investasi 22 miliar baht untuk peningkatan pabrik, produksi kendaraan listrik (EV) dan energi terbarukan.

Adapun SUV Haval hybrid yang akan diproduksi pertama kali, mengusung mesin turbo 1,5 liter yang dipadu dengan motor listrik 130 kW. Gabungan keduanya menghasilkan tenaga 243 hp dengan torsi 530 Nm.

SUV dengan pelek 19 inci itu memiliki dimensi lebar 1.886 milimeter (mm), panjang 4.653 mm dan tinggi 1.724 mm. Jarak sumbu rodanya 2.738 mm. Dimensi ini menjadikannya sebagai SUV yang terbesar di kelasnya.

Hanya, hingga kini belum ada informasi soal harga. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This