Morini X-Cape 650, Motor Adventure Italia-Cina Siap Gedor Asia dan Eropa

Moto Morini X-Cape 650 – dok.Istimewa


Bologna, Motoris – Setelah konsepnya diperkenalkan di hajatan EICMA 2019, kini motor adventure Morini X-Cape 650 dikabarkan segera menggedor pasarAsia dan Eropa. Moto Morini – pabrikan Italia yang sejak tahun 2018 dibeli pabrikan Cina, Zhongneng Vehicle Group – itu telah meluncurkannya di hajatan Beijing Motor Show 2021.

Seperti dilaporkan laman Visordown dan Il Motociclismo, belum lama ini, segera setelah diluncurkan di pameran otomotif itu, Moto Morini langsung mengunggah foto Morini X-Cape 650 dengan disertai keterangan “Segera Hadir”. Artinya, motor itu segera dijajakan.

Menariknya, itu tak hanya situs resmi Zhongneng Vehicle Group di Cina saja, tetapi juga situs resmi Moto Morini di Inggris dan wilayah Eropa lainnya. Namun, perancangan dan pengembangan motor tersebut dipastikan dilakukan di markas pabrikan yakni di Bologna, Italia.

Motor berbobot kosong 213 kilogram ini dibekali mesin DOHC paralel-twin 650 cc berpendingin cairan, yang sudah berstandar Euro 5. Semburan tenaga dari mesin disebut mencapai 60 hp pada putaran mesin 8.500 rpm dengan torsi 55 pda 7.000 rpm.

Moto Morini X-Cape 650 saat diperkenakan di hajatan EICMA 2019-dok.Adventure Rider

Perangkat suspensi depan garpu besutan Marzocchi bisa disesuiakan dengan kebutuhan dan bagian belakang monoshock buatan KYB dengan swingarm yang ringan namun kuat. Roda depan berukuran 19 inci dibalut ban tubeless 110/80 dan roda belakang 17 inci dengan ban 150/70.

Untuk peranti pengereman, Moto Morini memberinya rem Brembo plus ABS dua channel buatan Bosch dengan kaliper dua piston ganda yang mencengkeram cakram 298 milimeter di roda depan. Sedangkan di bagian belakang piston ganda yang dipadukan dengan rotor 235 milimeter.

Motor dengan ketinggian jok 32,6 inci ini juga dilenngkapi layar TFT 7 inci. Di bagian depan kokpit, Moto Morini memberinya windshield yang bisa diatur ketinggiannya.

Tampilan belakang Moto Morini X-Cape 650-dok.Istimewa

Motor dengan aura reli yang kuat ini diklaim mampu melesat hingga 173 kilometer per jam. Kecepatan dan tampilan yang masih mempertahankan genetika motor adventure model awal yang diimpikan para pendiri pabrikan.

Seperti diketahui, Moto Morini yang didirikan Alfonso Morini di Bologna, Italia, pada tahun 1937 itu pernah tercatat sebagai pabrikan dengan produk-produk yang digemari konsumen Eropa dan beberapa wilayah dunia. Hanya sayang, di dekade akhir 1990-an, pabrikan terbelit masalah keuangan.

Pada musim gugur tahun 2018 kepemilikan saham pabrikan ini diambil alih oleh Zhongneng Vehicle Group. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This