Wholesales di Bulan Mei: Xpander Terbanyak, Disusul Avanza

Mitsubishi Xpander – dok.MMKSI


Jakarta, Motoris – Sepanjang bulan Mei kemarin, penjualan mobil dari pabrik ke diler (wholesales) maupun penjualan dari diler ke konsumen (ritel) menyusut dibanding penjualan bulan sebelumnya. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, jumlah wholesales di bulan Mei sebanyak 54.815 unit atau merosot 30,5% dibanding wholesales April yang mencapai 78.908 unit.

Sedangkan penjualan ritel pada bulan kelima itu sebanyak 64.302 unit. Jumlah ini melorot 19,2% dibanding penjualan ritel bulan sebelumnya yang sebanyak 79.607 unit.

“Bulan Mei kan ada momen hari raya Idul Fitri, pas pertengahan bulan. Jadi ada hari libur beberapa hari. Artinya jumlah hari kerja juga lebih pendek dari bulan-bulan sebelumnya. Tentu ini juga berdampak ke penjualan ,” ujar Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Dalam wholesales, Mitsubishi Xpander tercatat sebagai mobil yang paling banyak mengantongi angka penjualan yakni 5.026 unit. Walaupun jumlah itu menyusut dibanding wholesales selama bulan April yang sebanyak 5.500 unit.

Toyota Avanza versi terbaru – dok.Istimewa

Toyota Avanza di saat yang sama, terkirim ke diler sebanyak 4.675 unit. Seperti halnya Xpander, jumlah wholesales Avanza ini juga menciut dibanding bulan April yang mencapai 5.385 unit.

Mobil andalan Honda Indonesia – yakni Honda Brio – di bulan tersebut mengantongi angka wholesales 3.317 unit. Jumlah tersebut anjlok cukup dalam dibanding jumlah yang berhasil dikantongi selama April, yang sebanyak 5.014 unit.

Setelah itu ada Toyota Rush yang terjual sebanyak 3.228 unit, dan Toyota Kijang Innova 2.719 unit, dan Toyota Calya sebanyak 2.026 unit. Sedangkan di urutan ketujuh terdapat SUV kompak anyar Toyota Raize yang mencatatkan angka wholesales sebanyak 1.413 unit.

Honda Brio RS-dok.Motoris

Sementara di urutan delapan, sembilan, dan sepuluh terdapat Mitsubishi Pajero Sport, Daihatsu Sigra, serta Daihatsu Ayla. Masing-masing mencetak angka penjualan ke diler sebanyak 1.376 unit, 1.369 unit, dan 1.216 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This