Toyota Alphard, MPV dengan Kenyamanan Kabin Kelas Satu

Toyota Alphard terbaru – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Toyota Alphard pertama kali meluncur di Jerpang pada tahun 2002 dengan konsep eksklusifitas termasuk dalam hal kenyaman dan kenyamanan yang disuguhkan. Lantaran itulah, Toyota tidak menyuguhkan MPV premium ini dalam banyak versi.

Saat ini, tiga generasi Toyota Alphard telah dilahirkan dan tersebar di sejumlah negara di luar Jepang. Termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, hingga Hong Kong, Oman, Filipina, Rusia, Singapura, Malaysia, Taiwan dan Thailand.

Di setiap generasi, Toyota melakukan pembaruan dengan wujud versi penyegaran alias versi facelift. Sejalan dengan pembaruan tersebut kadar kemewahan dan kecanggihannya pun ditingkatkan.

Generasi atau generasi ketiga yang ada sekarang ini mengusung mesin baru 2AR-FE empat silinder 2,5 liter dual VVT-i. Selain itu juga ditawarkan dalam versi hybrid yang mengusung mesin 2,5 liter plus motor listrik.

Toyota Alphard 2021 – dok.Istimewa via Toyota Makassar

Tampilan terus diperbarui agar sesuai dengan perkembangan tren terkini. Ini sesuai dengan positioning Toyota Alphar sebagai tunggangan premium kalangan atas yang bukan sekadar menjadikan kendaraan sebagai sarana transportasi belaka, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup dan strata sosial maupun ekonomi mereka.

“Kami terus melakukan improvement produk kami. Begitu juga dengan Toyota Alphard ini, sehingga selalu mememenuhi ekspektasi dari pelanggan yang mengedepankan keamanan, kenyamanan, sekaligus penunjang gaya hidup. Karena di segmen (premium) ini kenyamanan, kemudahan, kemanan saja masih belum cukup tetapi juga harus memenuhi unsur simbol gaya hidup yang prestisius,” papar Executive Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, saat dihubungi di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Ilustrasi, jok bagian belakang Toyota New Alphard 2021- dok.JamesEdition

Kemawahan dan kenyamanan
Alphard memang memiliki daya tarik tersendiri karena menyajikan kenyamanan serta kemewahan. Memasuki kabin, penumpang akan disuguhi captain seat bergaya ottoman.

Tentu, dengan fitur ini penumpang mobil bisa rileks melepas penat setelah seharian beraktifitas. Terlebih ada legrest yang bisa menopang kaki agar bisa selonjoran.

Aura ekslusifitas sebuah mobil premium juga tersirat dari tampilan dashbor yang istimewa. Pada Alphard tipe 2.5X dan 2.5G dashbor ini mengusung konsep Delightful Journey dengan ciri khas ornamen kayu (Brown Wood).

Interior Toyota New Alphard versi penyegaran – dok.TAM

Sedangkan pada tipe 3.5 Q jauh lebih mewah. Balutan kelir hitam dipercantik wood panel dengan aksen brown olive ash burl wood grain. Penumpang juga dapat menikmati sinar matahari pagi hanya dengan membuka panoramic sunroof.

Perangkat hiburan
Kenyamanan selama perjalanan dengan Toyota Alphard semakin lengkap karena sokongan perangkat hiburan yang disajikan. Penumpang di kursi baris kedua dan ketiga misalnya, dapat menikmati fasilitas hiburan melalui layar LCD yang berada di atap.

Roof monitor ini telah mendukung Blue Ray Player dengan koneksi screen mirroring dari smartphone penumpang melalui aplikasi Miracast. Kenyamanan kian sempurna dengan tata suara sound system ciamik berkat dukungan speaker besutan JBL.

Kualitas sound system ini selaras dengan keberadaan kead unit yang terintegrasi dengan layar LCD 10 inch untuk penumpang di baris kedua. Menariknya,head unit ini mendukung berbagai menu pilihan mulai dari DVD Player, entertainment system, dan navigasi.

Fitur hiburan untuk penumpang di kursi bagian tengah dan belakang di Toyota New Alphard – dok.TAM

Suhu ruangan pun bisa diatur senyaman yang diinginkan. Pasalnya, Toyota melengkapi MPV mewahnya ini dengan Dual Climate A/C Control. Pengoperasiannya juga mudah karena menggunakan teknologi Captive Touch.

Di sepanjang perjalanan pun penumpang juga bisa menyelesaikan pekerjaan. Pasalnya, di balik armrest terdapat meja kecil lipat yang dapat digunakan untuk menyangga laptop.

Jika daya baterai pengguna mobil ini berada di kondisi lemah, juga tak perlu khawatir. Sebuah wireless charging yang terletak konsol tengah juga disediakan.

Pendek kata, Toyota Alphard tak ubahnya sebuah mobile home dengan kelengkapan teknologi dan kenyamanan kelas satu. Apalagi aksesabilitas penumpang untuk keluar masuk juga sangat leluasa.

Formasi Jok Toyota Alphard baris pertama dan kedua- dok.Istimewa

Dengan ground clearance Alphard yang kini lebih rendah 10 mimimeter, pintu geser pbesar, plus pijakan rengah membuat orang yang hendak masuk lebih mudah. Dan dengan kelapangan ruang kabin menjadi pergerakan tubuh tak terbatasi.

Satu hal lagi, bagi pengguna Alphard 3.5 Q juga bisa menikmati penghangat di kursi. Sedangkan pengemudi yang merasakan pegal di tangan – karena telah menyetor jarak jauh – dapat mengaktifkan penghangat setir. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This