Sebulan Dijajakan, Penjualan Rocky Hanya Setengah dari Raize

Daihatsu Rocky-dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Seperti halnya Daihatsu Xenia dengan Toyota Avanza, atau antara Terios dengan Rush, dan lainnya SUV kompak Daihatsu Rocky tercatat sebagai mobil kembar dengan Toyota Raize. Varian yang disajikan (di Indonesia) pun sama yakni bermesin 1.0L turbo dan 1.2L naturally aspirated.

Proses permulaan penjualan pun juga sama yakni di 30 April tahun ini. Lalu, yang paling gres, permulaan penjualan varian 1.2L turbo juga di hari dan tanggal yang sama yakni Kamis (17/6/2021). Hanya, seperti yang sudah-sudah di rekam jejak mobil kembar dua merek itu – terutama Daihtasu Xenia dengan Avanza dan Daihatsu Terios dengan Toyota Rush – penjualan di bulan perdana Daihatsu Rocky dan Toyota Raize pun setali tiga uang.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di bulan Mei atau sebulan dijajakan, Daihatsu Rocky terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 505 unit. Sementara Toyota Raize sebanyak 1.176 unit.

Toyota Raize 1.0 L Turbo yang kini dipasarkan di Indonesia-dok.Motoris

Kini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mulai menjual Daihatsu Rocky 1.2 NA dengan harga Rp 178,9 juta untuk tipe M transmisi manual, Rp 194,6 juta untuk tipe M transmisi CVT, Rp 191,3 juta untuk tipe X transmisi manual. Lalu Rp 207 juta untuk tipe X transmisi CVT, Rp 199,3 juta untuk ADS transmisi manual, serta Rp 215 juta untuk tipe ADS transmisi CVT.

Besaran harga ini merupakan harga on the road Jakarta dengan skema penghitungan menggunakan insentif diskon tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100%. Begitu pula dengan Toyota Raize.

Seperti dikatakan Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, bahwa harga Toyota Raize 1.2L NA dimulai Rp 202,7 juta untuk tipe 1.2 G M/T dan Rp 215,8 juta untuk tipe 1.2 G CVT. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This