Motor Listrik Anyar LiveWire Disebut Bakal Lebih Murah

LiveWire One, motor listrik anyar buatan anak perusahaan Harley-Davidson – dok.Istimewa


Milwaukee, Motoris – Setelah bulan bulan Mei lalu resmi menjadi merek baru yang otonom di payung grup Harley-Davidson (HD), kini LiveWire telah meluncurkan model pertama besutannya. Namanya sangat simpel dan mudah diingat yakni One.

Seperti dilaporkan laman Visordown dan The Green Journal, belum lama ini, informasi itu terungkap dari situs America Motorcycle yang membeberkan jati diri One. “Nama yang sederhana dan mengingatkan kembali pada sepeda motor bertenaga bensin pertama Harley-Davidson, yaitu model H-D 1,” tulis Visordown.

H-D 1 adalah motor pertama Harley dan dibekali mesin satu silinder dengan kubikasi 440cc. Motor ini mampu melesat hingga 60 kilometer per jam.

Namun, kini LiveWire One – seperti tertera dalam data spesifikasi yang disampaikan ke Lembaga Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat – motor listriknya mampu menyemburkan tenaga hingga 75 kW atau sekitar 101 bhp.

LiveWire One – dok.Istimewa

Meski banyak spekulasi yang berseliweran di ranah maya menyangkut jatidiri motor ini. Salah satunya menyebut, dia atak lain dari motor LiveWire yang telah ada sebelumnya, dan hanya berganti nama saja.

Sedangkan soal dayanya yang lebih rendah – dari LiveWire yang hadir sebelumnya yakni 78 kW – ada dugaan karena LiveWire memang ingin membatasi ketegangan baterai. Meski, jangkauan atau daya jelajahnya tetap jauh.

Selain itu, pabrikan juga ingin menggunakan baterai yang berukuran lebih kecil. Walhasil, nilai jual dari motor tersebut juga lebih terjangkau alias lebih murah.

LiveWire, motor listrik besutan Harley Davidson yang diperkenalkan di EICMA 2018 – dok.Slashgear

LiveWire One sudah masuk dalam daftar varian LiveWire yang akan digelontorkan ke pasar pada tahun 2021 ini. Hanya, hingga kini belum diketahui spesifikasinya termasuk baterai yang digunakannya. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This