Siap-siap, Wuling Segera Luncurkan MPV Sembilan Kursi

Ilustrasi, emblem Wuling – dok.Istimewa


Guangzhou, Motoris – Pabrikan mobil – patungan antara SAIC Motor, General Motors, dan Wuling Automobile (SGMW) – asal Liuzhou, Guangzhou, Cina, dikabarkan telah memngumumkan rencananya untuk memperkenalkan mobil keluarga sembilan kursi. Pasar yang dibidik, selain dalam negeri Republik Rakyat Cina (Cina), juga negara-negara lain di Asia.

Seperti dilaporkan laman GM Authority, belum lama ini, jika telah diproduksi, maka mobil keluarga (MPV) tersebut menjadi mobil terbesar yang pernah diproduksi pabrikan. Hanya, hingga kini merek berlambang lima berlian tersebut belum menyuguhkan gambar atau foto dari sosok mobil itu.

Wuling hanya memberikan gambar teaser berupa barisan kursi mobil yang terdiri dari empat baris. Gambar menunjukkan seperti tata letak kabin mobil dengan empat baris kursi berformasi 2+2+2+3, plus pintu samping bermodel pintu geser.

Kemungkinan besar model Wuling sembilan kursi ini akan menjadi MPV besar dan akan menjadi bagian dari berbagai kendaraan komersial merek tersebut. Dia akan menyuguhkan bahasa desain estetitika mekanis dari Wuling yang berfokus pada kepraktisan.

Ilustrasi, mobil 9 penumpang Wuling-dok.GM-Authority

Tetapi yang pasti, pengumuman Wuling atas rencana kehadiran MPV sembilan kursi ini disampikan setelah beberapa pekan sebelumnya pemerintah Cina – pada 31 Mei lalu – menyatakan untuk memberi izin kepada pasangan muda yang baru menikah untuk memiliki tiga anak.

Sebelumnya, negara dengan penduduk terbanyak di dunia (menurut data OECD Perserikatan Bangsa-Bangsa 1,43 miliar jiwa) ini sejak tahun 1970-an menetapkan pasangan hanya boleh memiliki satu anak.

Dengan kebijakan baru itu, kemungkinan terjadinya pertambahan jumlah penduduk juga sangat besar. Sehingga, keluarga besar membutuhkan sarana transportasi yang bisa mengangut mereka dalam waktu bersamaan dengan aman dan nyaman.

Sejauh ini, SGMW atau Wuling Motors adalah satu-satunya pabrikan yang secara aktif merespons kebijakan baru pemerintah yang akan berdampak pada demografi pasar Cina. Ini sesuai dengan slogan bisnis pabrikan yakni “Wuling membangun apa yang dibutuhkan masyarakat,”.

Ilusrasi, proses inspeksi produk Wuling yang tengah diproduksi – dok.GM Authority

Hanya, hingga kini belum ada keterangan resmi kapan mobil itu diluncurkan. Meski diperkirakan meluncur pada akhir tahun ini sebagai model tahun 2022, sebab Wuling sempat menyatakan “pengenalan model itu segera dilakukan”. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This