Toyota Vellfire, Pilihan Para Juragan yang Menyukai Aura Sporty

Toyota Vellfire terbaru tampilannya semakin sporty-dok.Istimewa-2


Jakarta, Motoris – Vellfire merupakan kembaran Toyota Alphard, dia suadara sekandung dengan Alphard yang di segmen pasar MPV premium berfungsi sebagai complementary alias melengkapi varian Alphard. Jika Alphard menekankan pada unsur kemewahan sebuah MPV, Vellfire menyuguhkan gaya bahasa desain yang sporty tetapi tetap elegan.

Unsur sporty ini bisa langsung terlihat di eksterior yang sangar dan interior full warna gelap. Keduanya merupakan produk global Toyota – tidak hanya untuk pasar Jepang semata – dipasarkan ke sejumlah negara, termasuk Indonesia.
Rekam jejak sejarah menunjukkan, Toyota Alphard secara resmi dipasarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia pada tahun 2008, dan tujuh tahun kemudian atau tahun 2015, TAM mulai memasarkan Vellfire.

Sejak awal kehadirannya di pasar otomotif nasional, Alphard dan Vellfire mendapat sambutan yang positif dari masyarakat Indonesia. Fakta berbicara, penjualan ke diler (wholesales) Toyota Alphard dan Vellfire sejak tahun 2008 sampai April 2021sudah mencapai 28.458 unit.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan sepanjang tahun 2019 lalu, wholesales Alphard dan Vellfire sebanyak 4.637 unit atau 94,4% penjualan seluruh merek di segmen MPV kelas tersebut. Di penjualan ritel angkanya tak berbeda jauh, dengan profil pembeli kalangan atas alias para “juragan”.

Tampilan belakang Toyota Vellfire terbaru – dok.Istimewa

Pengguna Vellfire adalah kalangan atas dari berbagai latar belakang sosial dan profesi. “Mulai dari pejabat birokrasi negeri ini, politisi, sampai dengan selebriti banyak yang memakai. Prestise tinggi, nyaman, aman, dengan value for money yang sangat tinggi menjadi alasan yang mendasari,” ujar kolega Motoris di diler utama Toyota di Jakarta.

Aura sporty kian menjadi
Meski memiliki perbedaan tampilan – dimana Vellfire menonjolkan aspek sporty yang terlihat dari tampilan eksterior yang lebih gahar dan interior mengusung warna gelap – namun fitur kenyamanan dan keamanan hampir sama. Pada awal tahun 2020 lalu – Toyota Indonesia – melakukan penyegaran terhadap keduanya.

Mereka mendapatkan didukung fitur keselamatan pintar berbasis radar bernama Toyota Safety Sense (TSS). Di antara fitur itu di TSS ini adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Automatic High Beam (AHB).

Selain itu Alphard dan Vellfire juga sudah dilengkapi dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS). Dua fitur yang terdengar sepele namun, sangat penting fungsinya dalam menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara.

Interior Toyota Vellfire – dok.Istimewa

Lalu, di awal Juni tahun ini, TAM kembali melakukan penyegaran – baik pada Alphard maupun Vellfire – dengan meningkatkan fitur keamanan keduanya.Fitur Adaptive Cruise Control (ACC) pada New Alphard dan New Vellfire yang sebelumnya baru dapat diaktifkan ketika mobil telah melaju dengan kecepatan menyentuh 50 kilometer per jam (kpj), kini sejak 0 kpj alias saat mesin mobil baru dinyalakan.

“Penyempurnaan pada fitur ACC ini dapat semakin memberikan kenyamanan kepada pengguna New Alphard dan New Vellfire, sekaligus meningkatkan faktor keselamatan dalam bermobilitas,” ujar Vice President Director TAM, Henry Tanoto yang dihubungi di Jakarta, belum lama ini.

Namun khusus untuk Vellfire, Toyota memberikan sentuhan khusus, sehingga aura sporty di MPV ini semakin menguat. Toyota memberi sentuhan ubahan pada bagian bawah bumper depan, side skirt, dan bumper bagian belakang yang kini lebih sleek.

Speedometer Ring New Toyota Vellfire 2021-dok.Istimewa

Menambah kesan sporty di bagian interior, Toyota memberikan aksen merah pada speedometer ring New Vellfire. MPV tunggangan para juragan ini pun semakin kuat mencuatkan kesan sporty yang tiinggi.

Apalagi, Toyota juga menawarkan pilihan warna baru untuk New Vellfire yaitu Sparkling Black Pearl. Untuk harga, Vellfire 2.5 G A/T dibanderol Rp1.247.850.000 on the road Jakarta. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This