Solusi Inden yang Lama: Suzuki Tawarkan Jimny Murah di Australia

Suzuki Jimny Lite di Australia-dok.Istimewa


Sidney, Motoris – Masa tunggu pesanan alias inden Suzuki Jimny di Australia memang cukup lama yakni enam bahkan hingga delapan. Maklum, tak hanya pemesan di negeri itu saja yang jumlahnya bejibun, tetapi juga dari negara-negara lain.

Padahal, kapasitas produksi pabrik Suzuki di Jepang maupun India terbatas, alias belum sebanding dengan jumlah pemesanan tersebut. Namun, Suzuki Motor telah menemukan solusi untuk mengatasi.

Caranya, seperti dilaporkan laman CarAdvice dan The West, Jumat (18/6/202, pabrikan berlambang huruf “S” itu menyodorkan Jimny versi murah bernama Jimny Lite. Meski – untuk pasar Australia – belum diinformasikan secara rinci berapa jumlah Jimny Lite itu yang akan diberikan.

Tetapi, yang pasti, Jimny paket hemat itu mulai dijual pada Agustus mendatang. Sedangkan pemesanannya dibuka mulai 1 Juli nanti.

Interior Suzuki Jimny Lite – dok.Istimewa

Baik Suzuki maupun Federal Chamber Automotive Australia (FCAI) belum memberikan gambaran apakah kabnyak konsumen di Negeri Kanguru itu yang bakal meminati versi murah Jimny tersebut. Sebab, sesuai dengan namanya Jimny Lite yang berbanderol murah, beberapa fitur yang disandangnya juga berbeda dengan Jimny versi reguler.

“Tetapi yang pasti, kehadiran versi ini pastinya akan menurunkan waktu (masa) tunggu (inden). Sebab saat ini masa inden enam sampai delapan bulan,” kata Juru Bicara Suzuki Motor Australia.

Dia menegaskan sejumlah komponen dan fitur Jimny Lite memang dibuat berbeda. Tujuannya untuk menekan harga.

Pelek yang dipakai misalnya hanya pelek baja 15 inci berkelir hitam, untuk menggantikan pelek Alloys 15 inci yang dipakai Jimny versi reguler. Kemudian, rumah (cover) spion terbuat dari plastik, lampu depan proyektor halogen, dan tidak menggunakan lampu kabut.

Tampilan belakang Suzuki Jimny Lite – dok.Istimewa

Di bagian interior, peranti hiburan yang dipasang pada Jimny Lite juga berbeda. Cukup menggunakan radio/pemutar CD tipe standar. Tak ada layar infotainment 7,0 inci seperti yang ada di Jimny reguler saat ini.

Mesinnya berbahan bakar bensin 1.5 liter bertenaga 75kW dengan torsi 130 Nm. Jimny Lite hanya ditawarkan dalam tipe bertransmisi manual. Harganya, mulai AUS$28.490 atau sekitar Rp 308,7 juta (kurs AUS$ = Rp 10.835). (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This