Alphard dan Vellfire Laris Bukan Karena Banyak Orang Kaya Semata

Toyota Alphard terbaru – dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Dua Multi Purpose Vehicle (MPV) premium Toyota – yakni Toyota Alphard dan Toyota Vellfire – hngga kini masih mencengkeram pasar mobil mewah di Indonesia. Bahkan data terakhir menunjukkan penguasaan pangsa pasar oleh duo MPV bongsor mewah ini mencapai 90% – 93% di segmennya.

Laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris belum lama ini menunjukkan sepanjang tahun 2020 lalu, Toyota Alphard terjual ke konsumen (ritel) sebanyak Alphard terjual 2.922 unit. Angka ini mayoritas dari total penjualan mobil sekelas dan sejenis.

Tahun sebelumnya, penjualan ritel Alphard masih sebanyak 4.951 unit dan menguasai 94,9% pangsar pasar. Bahkan, secara kumulatif sejak diluncurkan dari tahun 2008 hingga April 2021, total penjualan Alphard dan Vellfire ke diler (wholesales) mencapai 28.458 unit.

Toyota Vellfire terbaru tampilannya semakin sporty-dok.Istimewa-2

Secara teori, terus menanjaknya permintaan dua mobil keluarga kelas mewah ini karena jumlah peminat potensialnya juga tinggi. Mereka adalah orang-orang berduit (kelompok masyarakat kelas atas).

Data yang dirilis Bank Dunia tahun 2020 lalu menunjukkan, kelompok masyarakat kelas atas adalah mereka yang membelanjakan duitnya sebanyak Rp 6 juta saban bulan per orang. Jumlah orang kategori ini, menurut lembaga keuangan dunia itu, hingga akhir tahun 2019 mencapai 0,5% dari total penduduk Indonesia yang sebanyak 271 juta jiwa.

Artinya, saat ini ada 1,355 juta orang kaya di Indonesia yang berpotensi menjadi pembeli mobil-mobil kelas mewah termasuk Alphard dan Vellfire.

Interior Toyota New Alphard versi penyegaran – dok.Istimewa

“Tingkat konsumsi kelompok masyarakat ini memang nilainya tinggi atau besar. Tetapi, konsumsi mereka lebih bersifat selektif karena memang sekera atau taste mereka juga tinggi. Barang yang mereka beli sifatnya sesuatu yang personalized, branded, dan bahkan barang yang customized karena gaya hidupnya,” ungkap Kepala Riset Eternity Consulting, Eko Wahyu Utomo.

Kekuatan brand Alphard dan Vellfire
Namun fakta lain memperlihatkan, larisnya Alphard dan Vellfire bukan semata-mata karen jumlah pembeli potensal (orang kaya) yang seabrek. Namun memang karena kualitas produk – gaya desain, performa, keamanan, kenyamanan plus teknologi terkini – yang memang mumpuni.

Bukti nyata soal ini terlihat di negeri asal dua MPV itu, Jepang. Data yang dihimpun Asosiasi Diler Mobil Jepang (JADA) menunjukkan, sepanjang tahun 2020 lalu Alphard terjual sebanyak 90.748 unit dan menjadi mobil terlaris (di luar kei car) kelima di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Tampilan belakang Toyota Vellfire terbaru – dok.Istimewa

Pada saat yang sama Vellfire laku sebanyak 18.004 unit dan menempati urutan ke-37 dari 64 mobil terlaris di Jepang. Sedangkan data riset yang dilansir Focus2Move memperlihatkan Alphard menjadi MPV terlaris keempat di dunia dengan total 119.560 unit.

Selain di Jepang dan Indonesia, dia juga banyak digemari di Malaysia, Singapura, Thailand, serta Hong Kong.
“Memang, Alphard dan Vellfire ini profil pembelinya memang emotional market. Jadi, loyalitasnya juga sangat tinggi. Ini dikarenakan memang secara kualitas desain, teknologi, fitur keamanan dan kenyamanan yang mumpuni. Segmen atas sangat concern dengan berbagai hal ini. Dan itu ada di Alphard maupun Vellfire,” ungkap Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Interior bagian depan Toyota New Vellfire-dok.Istimewa

Layanan purna jual
Senada dengan Henry, Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy menyebut fakta ketika Alphard dan Vellfire yang diperbarui belum lama ini langsung laku keras begitu diluncurkan. Keduanya mengalmi peningkatan fungsi fitur Adaptive Cruise Control – yang merupakan bagian dari serangkaian fitur keamanan di Toyota Safety Sense – yang disematkan pada dua mobil itu.

Terlebih, Vellfire juga mendapatkan pembaruan tampilan eksterior sehingga tampil semakin gagah. Toyota mengganti bumper depan bagian bawah, aksen di bodi samping dan bumper belakang.

Sementara, panel instrumennya diberikan aksen warna merah yang mencuatkan kesan sporty di dalam mobil. Lebih dari itu, ada pilihan warna baru untuk New Vellfire, yaitu Sparkling Black Pearl.

Speedometer Ring New Toyota Vellfire 2021-dok.Istimewa

“Untuk pesanan, sejak diluncurkan awal Juni sampai tanggal 16 kemarin, sudah ada 385 surat pemesanan kendaraan (SPK). Ini terdiri dari 350 SPK untuk Alphard dan 35 SPK untuk Vellfire,” ujar Anton saat dihubungi belum lama ini.

Kenaikan jumlah pesanan ini, lanjut Anton, sangat signifikan terhadap pemesanan kedua model. Besarannya mencapai 167% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Tetapi satu hal yang menjadi pertimbangan customer dalam memutuskan pilihan Alphard dan Vellfire, kata Anton, adalah layanan purna jualnya yang memang ekslusif, dan membuat for oney sangat tinggi. Dengan dukungan jaringan diler Toyota yang tersebar luas pelanggan All New Alphard dan All New Vellfire tidak hanya akan memiliki kendaraan VIP Class.

Formasi Jok Toyota Alphard baris pertama dan kedua- dok.Istimewa

“Pelanggan berbagai kemudahan dan keuntungan melalui jaringan diler Toyota yang tersebar di seluruh daerah. Setiap pelanggan berhak merasakan the best total ownership experience yang merupakan salah satu keunggulan Toyota,” tutur Anton. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This