Penjualan Bulanan Sembilan Merek Ini Tak Sampai 500 Unit di Januari – Mei

Ilustrasi, MINI Clubman versi anyar – dok.Motoris


Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Mei kemarin penjualan mobil (kendaraan penumpang dan barang atau komersial) dari diler ke konsumen (ritel) tercatat sebanyak 322.670 unit. Jumlah ini naik 23,8% dibanding jumlah penjualan ritel yang berhasil dibukukan sepanjang periode sama tahun lalu yang sebanyak 260.724 unit.

Banyak merek yang mencatatakan kenaikan penjualan ritel, meski tak sedikit pula yang justeru merosot dengan berbagai penyebab. Selain itu, banyak yang membukukan penjualan puluhan dan belasan ribut unit, dan ada pula yang kurang dari 1.000 unit atau bahkan 500 unit.

Data penjualan ritel yang dinukil Motoris dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, ada sembilan merek mobil – penumpang dan barang – yang mengantongi penjualan ritel kurang dari 500 unit sepanjang lima bulan pertama tahun ini.

MG HS, SUV medium Morris Garage (MG) Motor, yang diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2020- dok.Motoris

Mereka tak hanya merek yang relatif baru hadir di Tanah Air, namun juga sudah kawakan malang melintang di pasar otomotif Indonesia.

Pertama, Morris Garage (MG) dengan total penjualan ritel 423 unit. Merek yang kini dimiliki pabrikan asal Cina – SAIC Motor – itu memulai kiprahnya di pasar Indonesia pada Maret 2020. Sepanjang tahun tersebut total penjualan ritelnya 313 unit.

Kedua, Lexus dengan penjualan ritel sebanyak 401 unit. Ketiga, Scania sebanyak 271 unit. Keempat MINI dengan total penjualan ritel 254 unit, dan kelima Peugeot yang melego unit ke konsumen 103 unit.

Lexus ES 250 versi terbaru – dok.Istimewa

Kemudian, yang keenam Volkswagen. Merek asal Jerman yang di Indonesia dijajakan oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) itu sepanjang lima bulan pertama hanya mengantongi penjualan ritel sebanyak 182 unit. Ketujuh, merek asal India – Tata Motors – dengan penjualan 100 unit.

Kedelapan, merek asal Changcun, Cina – FAW – dengan jumlah penjualan 51 unit. Sedangkan yang kesembilan merek asal Jerman – yang juga dijajakan oleh PT GMM – Audi, hanya berhasil mengoleksi angka penjualan ritel 12 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This