Ini Peta Terbaru Pertarungan Mobil Cina vs Korea di Indonesia

Peluncuran Hyundai New Santa Fe di Indonesia-dok.HMID_


Jakarta, Motoris – Penjualan mobil merek asal Cina dan Korea di Indonesia memang masih belum mengalahkan merek-merek asal Jepang. Sementara di antara merek dari dua negara itu – Cina dan Korea – hingga Mei tahun ini, dua merek asal Negeri Tirai Bambu tercatat masih unggul.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan ritel yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Mei tahun ini merek asal Cina, yakni Wuling mencatatkan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 8.314 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, Wuling mencuil pangsa pasar penjualan ritel sebesar 2,6%.

Sekondan Wuling satu negara – yakni Dongfeng Sokon (DFSK) – pada saat yang mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 1.276 unit. Tetapi dia hanya mencuil 0,4% pangsa pasar.

Wuling Almaz RS- dok.Motoris

Kolega Wuling lainnya – yakni Morris Garage (MG), merek yang kini dimiliki SAIC-Motor, pabrikan otomotif terbesar di Cina – di periode itu mengoleksi angka penjualan ritel 423 unit. Merek yang mulai berjualan di Indonesia pada Maret 2020 tersebut selama lima bulan pertama tahun ini meraih pangsa pasar 0,1%.

Sementara, di jajaran merek asal Korea, Kia Motors – yang di Indonesia diageni PT Kreta Indo Artha – pada kurun waktu yang sama mencatatkan angka penjualan ritel sebanyak 1.257 unit. Jumlah ini setara dengan 0,4% dari total penjualan ritel seluruh merek yang ada di Tanah Air.

Hyundai, teman sekaligus pabrikan satu grup dengan Kia di bawah payung yundai Group – selama Januari hingga Mei itu membukukan penjualan ritel sebanyak 934 unit. Pangsa pasar yang berhasil dicuilnya hanya 0,3%.

Kia Sonet-dok.Motoris

Sekadar informasi, data Gaikindo menunjukkan sepanjang Januari hingga Mei kemarin penjualan ritel mobil tercatat sebanyak 322.670 unit. Jumlah ini naik 23,8% dibanding jumlah penjualan ritel yang berhasil dibukukan sepanjang periode sama tahun lalu yang sebanyak 260.724 unit.

Skor pertarungan 2020
Fakta data juga berbicara, di sepanjang tahun 2020, kinerja penjualan Kia dan Hyundai juga tertinggal oleh Wuling dan DFSK. Selama setahun penuh Wuling berhasil membukukan penjualan ritel sebanyak 9.523 unit. Sedangkan DFSK di saat yang sama mengoleksi angka penjualan ritel 2.424 unit.

Pada waktu yang sama, Hyundai mengoleksi angka penjualan ritel sebanyak 762 unit (terdiri dari 581 unit yang dipasarkan PT Hyundai Indonesia Motor atau HIM dan 181 unit oleh PT Hyundai Motors Indonesia atau HMID). Penjualan ritel Kia, di tahun yang sama sebanyak 658 unit.

SUV Morris Garage HS dipamerkan di IIMS 2021 – dok.Motoris

MG pada tahun tersebut melego mobil ke konsumen sebanyak 313 unit. Meski beroperasi di Indonesia sejak Januari 2020, namun MG baru meluncurkan dan menjual produk secara resmi pada Maret tahun itu. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This