Ini Dia AX1, SUV Mungil Hyundai yang Siap Gedor Pasar Global

Hyundai AX1, tengah menjalani tes jalan – dok.Istimewa


Mumbai, Motoris – Setelah beberapa bulan kedapatan terus melakukan serangkaian pengetesan, di bulan Mei kemarin Hyundai kembali diketahui mengetes jalan SUV mikro – yang memakai nama sementara Hyundai AX1 – di Korea Selatan. Bahkan, pabrikan itu telah menebar gambar teaser (penggoda) sebagai penanda SUV mungil itu segera meluncur ke pasar global.

Seperti dilaporkan laman Korea Car Fans dan The Hindustan Times, belum lama ini, ada indikasi lain yang menjadi sinyal mobil itu segera meluncur, yakni saat dites terakhir kali (meski dengan balutan kamuflase) menunjukan wujud sebuah mobil yang siap diproduksi. The Taejon Bulletin bahkan menyebut, mobil itu dikabarkan siap dijual di Korea mulai September nanti.

“Setelah itu, dalam beberapa bulan, atau awal tahun 2022 sudah merambah ke pasar negara-negara lain, terutama di Asia,” tulis media itu mengutip sumber di Hyundai Motor.

Tampilan belakang Hyundai AX1 versi siap produksi yang masih dibalut kamuflase – dok.Youtineer

Parasnya memiliki kemiripan dengan Hyundai Venue dan Hyundai Kona. Gaya desain bodinya terlihat agak kotak dengan ukuran yang kompak. Lampu utamanya berbentuk bulat yang mengapit grill berbentuk persegi panjang.

Lampu sein (terlihat) disatukan dengan daytime running light (DRL) LED ditempatkan secara terpisah dengan lampu utama yakni di ujung kap mesin yang berbentuk datar. Jendelanya terbilang besar untuk ukuran mobil mungil.

Hyundai juga memberinya skid plate dengan saputan warna yang kontras dengan warna gril. Sementara di belakang, lampu utama ditempatkan pada bumper yang mengapit dudukan pelat nomor.

Sedangkan lampu mundur disatukan dalam satu rangkaian dengan lampu sein yang membentuk pola horizontal di pintu belakang. Hyundai AX1 juga mendapatkan spoiler yang diimbuhi stop lamp, dan antena model sirip hiu.

Teaser kampu utama Hyundai AX1 dan lampu belakang – dok.Hyundai

Mesin
Pada bagian atap terdapat roof rail dengan warna silver. Keberadaanya memperkuat kesan sebuah SUV.

Sementara bagian interior belum terlihat dengan jelas, meski pada model yang dites sebelumnya – yang merupakan model belum siap produksi – sempat terlihat bagian interiornya. Pada bagian ini, Hyundai diduga bakal memberikan peranti hiburan berlayar 8,0 inci yang terkoneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Pabrikan juga diduga bakal memberinya kaca spion yang bisa disesuaikan secara elektrik. Selain itu ada kamera parkir. Menariknya handel pintu belakang diletakkan di jendela dan pengaitnya berada di pilar C, sehingga tersamar dan seolah-olah mobil ini hanya memiliki tiga pintu yani dua di depan dan satu di belakang.

Untuk mesin belum ada informasi apapun. Meski, patut diduga Hyundai AX1 bakal menggunakan mesin empat silinder 1.2 liter yang diusung Hyundai Grand i10 Nios. Mesin ini menghasilkan tenaga 83 hp dengan torsi 114 Nm.

Dugaan lain, mengusung mesin yang sama dengan Hyundai Santro (Hyundai Atoz) yakni 1.0 liter tiga silinder. Mesin ini disebut-sebut ada kemungkinan diimbuhi turbocharger. Jika benar demikian, dia bisa menjadi penantang serius Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This