Bukan Buatan Wuling atau Toyota, Ini Mobil Terlaris di Cina

Nissan Sylphy – dok.Auto-data.net

Beijing, Motoris – Republik Rakyat Cina (Cina) hingga kini tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia – berdasar catatan Worldometers dan OECD PBB – yakni sebanyak 1.439.323.776 jiwa. Ekonominya pun paling tangguh di dunia (bahkan di saat pandemi tahun 2020) masih tumbuh 2,3% dan menjadi satu-satunya negara yang ekonominya tidak berkontraksi.

Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak plus fundamental ekonomi yang bagus tak heran jika Negeri Panda itu menjadi bidikan pabrikan produsen barang apapun sebagai pasarnya. Tak terkecuali kendaraan bermotor roda empat atau mobil.

Hingga saat ini – menurut data Asosiasi Produsen Mobil Cina (CAAM) dan Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) – tak kurang dari 124 merek atau pabrikan yang bertarung di pasar negeri itu. Dan dari pabrikan-pabrikan ada 748 model mobil yang dijajakan hingga tahun ini.

Haval 6 versi terbaru-dok.Tek-Deeps

Seperti dilaporkan laman Best Selling Cars, Jumat (2/7/2021) sepanjang lima bulan pertama tahun ini atau dari Januari hingga Mei lalu, total penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Cina telah mencapai 8.392.325 unit. Jumlah ini menanjak hingga 42,3% dibanding penjualan selama periode sama tahun 2020 lalu.

Menariknya, dari 748 model atau jenis mobil yang dijajakan 124 merek atau pabrikan itu, terdapat lima mobil paling laris dibeli konsumen. Tetapi yang paling laris alias paling banyak dibeli konsumen bukan mobil buatan Wuling (merek lokal Cina) atau Toyota (merek kondang asal Jepang yang dikenal laris dimana-mana).

Mobil terlaris di sepanjang waktu itu adalah Nissan Sylphy denngan total penjualan 197.141 unit. Kedua, Volkswagen (VW) Lavida yang terjual sebanyak 188.576 unit.

Wuling Hongguang MINI EV-dok.Inf_.News_

Ketiga, model Sport Utility Vehicle (SUV) buatan Great Wall Motor yakni Haval 6 yang laku sebanyak 155.583 unit. Sedangkan yang keempat dan kelima adalah Toyota Corolla (yang terjual 146.915 unit) dan Wuling Hongguang Mini EV yang laku sebanyak 128.430 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This