Tiga Rahasia di Balik Larisnya Wuling Hong Guang Mini EV

Wuling Hongguang MINI EV-dok.Inf_.News_


Beijing, Motoris – Mobil listrik murni atau listrik baterai Wuling Hong Guang baru diluncurkan di Republik Rakyat Cina (Cina) pada Juli tahun 2020. Namun, hingga akhir tahun dia telah terjual sebanyak 112.000 unit lebih dan menjadi nomor dua terlaris setelah Tesla Model 3 di paruh kedua tahun tersebut.

Bahkan di lima bulan pertama tahun 2021 ini, seperti dilaporkan laman InsideEVs belum lama ini, mobil mungil bersumber tenaga dari setrum itu menjadi mobil listrik baterai paling banyak dibeli konsumen di Cina. Dia terjual sebanyak 128.796 unit, mengungguli Tesla Model 3 yang saat itu terjual 68.330 unit.

Wuling Hong Guang Mini EV juga jauh lebih laris dibanding Tesla Model Y yang di lima bulan pertama itu laku sebanyak 34.557 unit. Begitu pun jika dibanding dengan mobil listrik BYD Han EV yang terjual sebanyak 32.862 unit, atau mobil listrik GAC Aion S yang terlego 26.383 unit.

Mobil listrik Wuling Hong Guang Mini menjadi mobil listrik terlaris di Cina Januari 2021-dok.Inside-EVs

Laman Seeking Alpha mencatat saat ini ada 15 model mobil listrik buatan sejumlah merek yang bertarung enggaet pembeli di Negeri Tirai Bambu. Mereka terdiri dari merek lokal maupun merek dari luar negeri.

Soal larisnya Wuling Hong Guang Mini EV laman XCar dan GM Authority menyebut faktor harga, kapasitas muatan dan desain, hingga teknologi terutama daya jangkau yang dirasa pas dengan harapan dan keinginan mayoritas konsumen di Cina adalah kuncinya. Itulah tiga rahasia kesuksesannya.

“Faktor-faktor itu menjadi kunci. Karena dari jumlah konsumen yang ada di negara ini (Cina) yang paling banyak tentunya yang berdaya jangkau finansial yang pas dengan harga Hong Guang Mini EV,” ujar analis industri di bursa saham Shanghai, Simon Liu.

Wuling Hongguang MINI EV Macaron Edition-dok.YouTube

Banderol mobil setrum buatan Wuling Motors (perusahaan kongsi antara GM – SAIC –Wuling Automobile) itu saat ini hanya US$ 4.000 lebih sedikit atau sekitar Rp 58 jutaan (kurs US$ 1 = Rp 14.523,25). “Menariknya, ternyata dari harga itu Wuling bersama mitra kongsinya itu hanya mengambil keuntungan sebesar US$14 (atau sekitar Rp 203 jutaan),” tulis XCar.

Wuling Hongguang Mini EV yang dibekali baterai 9,2 kWh mampu menempuh jarak (berdasar pengujian dengan metode NEDC) hingga 120 kilometer atau ada pilihan lain baterai 13,8 kWh yang mampu menempuh jarak (NEDC) hingga 170 km dalam sekali isi baterai.

Wuling HongGuang Mini EV – dok.Istimewa via Carscoops

Mobil yang berkapasitas empat orang dewasa itu menggunakan satu motor listrik bertenaga 17,4 hp dengan torsi 85 Nm yang disalurkan ke roda belakang. Kecepatan maksimumnya 100 km/jam. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This