Skutik Listrik BMW CE 04, Anti Mainstream plus Canggih

Skuter listrik BMW yang dinamai CE 04 resmi diluncurkan secara global-dok.Istimewa via Carscoops


Berlin, Motoris – Divisi sepeda motor dari Bayerische Motoren Werke (BMW) – yakni BMW Motorrad – telah meluncurkan skuter listrik BMW CE 04. Skuter berpenampilan keren ini diklaim mampu menempuh perjalanan sejauh 130 kilometer dalam sekali isi baterai.

Seperti dilaporkan laman Cardiasiac dan Carscoops, Rabu (7/7/2021) sebuah motor listrik dengan baterai berkapasitas 8,9 kWh sanggup menyemburkan tenaga hingga 42 hp. Semburan tenaga disalurkan ke roda belakang.

BMW Motorrad mengklaim skuter maxi besutannya ini sanggup berlari hingga 120 kilometer per jam (kpj). “Skuter ini sangat cocok untuk perjalanan harian yang singkat,” bunyi pernyataan pabrikan.

Untuk mengisi daya baterai 0-100% hanya butuh waktu 4 jam plus 20 menit dari steker listrik standar di rumah. Jika menggunakan pengisi daya level dua, waktu pengisian lebih singkat yakni hanya 1 jam 40 menit, bahkan untuk mengisi daya dari 20-80%, cuma 45 menit.

Pengecasan baterai skuter listrik BMW CE 04-dok.Istimewa via Carscoops

Pabrikan ini merancang motor ini cukup lama. Riset dan uji coba telah dilakukan berulang kali demi mendapatkan sebuah sosok yang “mendekati” sempurna.

Hasilnya tak sia-sia. Faktanya, secara tampilan skuter ini memang keren, bahkan bisa dibilang anti mainstrem. Bodinya yang memanjang plus alur bodi yang mirip dengan papan selancar, dan lampunya yang berbentuk persegi empat dengan kaca oranye, sangat unik. BMW ingin menyuguhkan sebuah pengalaman berkendara dengan sensasi berselancar.

Melakukan perjalanan meniti kepadatan lalu-lintas pun tetap terasa nyaman. Terlebih kendaraan ini sangat minim dampak negatif terhadap lingkungan karena kendaraan ini bebas emisi. Terlebih, teknologi yang disematkan padanya juga teknologi kekinian.

Pengendara skuter listrik BMW CE 04-dok.Istimewa via Carscoops

Salah satu teknologi keren yang ditanam BMW di skuter itu adalah sistem pengereman regeneratif yang dimulai saat pengendara benar-benar off-throttle. Meski demikian pabrikan tetap menyematkan rem cakram kembar 265 mm di bagian depan dengan kaliper tetap 4-piston dan cakram tunggal 265 mm di bagian belakang dengan kaliper mengambang plus peranti Antilock Braking System.

Selain itu, BMW Motorrad juga memberinya teknologi berjalan mundur sehingga membuat pengendara CE 04 lebih mudah bermanuver.

Mode berkendara
BMW CE 04 menggunakan pelek alloy ringan 3,5×15 inci di bagian depan dan 4,5×15 inci di belakang. Dia memiliki wheelbase 1.676 milimeter, sudut posisi setang 26,5 derajat, serta jarak roda 119 mm.

“Dengan dimensi ukuran maupun penampat berbagai perangkat yang memperhitungkan tingkat ergonomi yang tinggi membuatnya lebih mudah bermanuver dan stabil, “ klaim BMW.

Panel cluster skuter listrik BMW CE 04-dok.Istimewa via Carscoops

Menariknya, pabrikan menyuguhkan empat mode berkendara di skuter ini, yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan maupun kondisi lingkungan dimana motor tengah berada.

Keempat mode itu adalah, mode Eco untuk perjalanan hingga jarak maksimum dengan penggunaan daya listrik yang efisien. Kemudian mode Rain untuk keamanan ekstra, lalu mode Road untuk mengemudi biasa, dan mode Dynamic untuk mendapatkan performa motor di tingkat yang terbaik.

“Pemilihan mode bisa dilakukan pengendara melalui layar warna 10,25 inci yang dapat menunjukkan kluster instrumen, status pengisian daya, dan peta navigasi untuk memudahkan pengendaraan, “ sebut pabrikan asal Jerman itu.

Tempat penyimpanan sekaligus tempat pengecasan ponsel di skuter listrik BMW CE 04-dok.Istimewa via Carscoops

Agar informasi navigasi terus update, BMW telah merancang aplikasi smartphone pelengkap untuk pergi dengan CE 04. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merencanakan rute.

Lantaran itulah, BMW juga memberikan tempat khusus penyimpanan gadget itu di skuter tersebut. Tempat ini sekaligus menjadi tempat pengecasan daya baterai ponsel hingga 1,5A.

Tampilan bagian depan BMW CE 04 terlihat lampu kotak dengan kaca berwarna oranye yang mencuatkan kesan unik -dok.Istimewa via Carscoops

Di Amerika Serikat skuter ini bakal dibanderol mulai US$ 11.795 atau sekitar Rp 171,3 juta. Namun harga belum termasuk sejumlah paket tambahan aksesoris dan perlengkapan lainnya.

BMW Motorrad di Negeri Paman Sam itu mulai menjualnya pada awal tahun 2022 nanti. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This