Fearless M50, Pikap Humvee Versi Dongfeng Dibanderol Rp 1,5 M

Dongfeng Fearless M50 -dok.Istimewa


Wuhan, Motoris – High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle atau yang biasa dikenal dengan nama Humvee – dan merupakan sebuah kendaraan penggerak empat roda militer kelas truk ringan – produksinya telah diakhiri di Amerika Serikat. Namun bagi Dongfeng Motor Corporation (Dongfeng) semangat atau spirit Humvee tidaklah pernah mati.

Setelah pada tahun 2003 memproduksi EQ2050B – atas seizin dan lisensi dari Humvee – baik versi untuk militer maupun sipil hingga beberapa varian, kini pabrikan yang berkantor pusat di Wuhan, Cina itu memproduksi versi pikap. Wujudnya pikap dua pintu yang dinamai Fearless M50.

Seperti dilaporkan Taipei Insider, Kamis (8/7/2021), mobil yang beluma lama diluncurkan itu mengusung mesin turbodiesel 4.0 liter yang bertenaga 200 PS dan 600 Nm dan diklaim telah memenuhi standar emisi 6B di Cina. Hanya ada satu transmisi yang ditawarkan yakni manual, meski jumlah rasio gigi tidak disebutkan.

Dongfeng EQ2050B-dok.Dongfeng

Mobil ini disebut sebagai versi rekayasa ulang dari Humvee asli yang dapat dibeli oleh warga sipi. Harganya, 668.800 yuan atau sekitar Rp 1,54 miliar (kurs 1 yuan = Rp 2.237,08).

Meski berstatus versi sipil, namun ketangguhan Fearless M50 dijamin tetap setangguh versi militer. Dia masih sangguh melahap lintasan yang terendam air hingga 1,2 meter dan mampu melaju (seperti kapal kecil) hingga sejauh 4,5 kilometer di atas permukaan laut.

Dongfeng Fearless M50 saat menjalani uji – dok.Istimewa

Bahkan dia juga mampu melaju di kondisi bersuhu -35 derajat Celcius hingga 41 derajat Celcius. Seperti Hummer H1, Dongfeng menyebutkan Fearless M50 cocok untuk berbagai penggunaan, bukan hanya penggunaan militer.

“Ke depan akan diluncurkan Fearless M51 yang dimodifikasi, diikuti oleh Fearless M20 yakni model yang benar-benar baru,” bunyi keterangan pabrikan. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This