Produksi Pikap GM Sekelas Suzuki Carry Diakhiri

Pikap Labo – dok.Youtube


Seoul, Motoris – General Motors (GM) di Korea Selatan telah memiliki low pickup – yang sejenis dan sekelas Suzuki Carry – sejak tahun 2001, yakni ketika pabrikan asal Amerika Serikut itu mengaukisisi pabrikan lokal negara itu, Daewoo. Meski, Daewoo sendiri telah memproduksinya mulai tahun 1990 alias 30 tahun yang lalu.

Kini, kabar terbaru yang dilansir laman GM Authority, Minggu (11/7/2021) menyebut proses produksi low pickup bernama Labo itu telah dihentikan. Kendaraan niaga ringan itu, selama ini diproduksi di pabrik GM yang berada di Changwon.

Pikap yang dijajakan di Korea – dan hanya sedikit di negara lain, salah satunya Uzbekistan – itu memiliki turunan produk berupa minibus atau angkutan penumpang bernama Damas. Sejak diluncurkan pertama kali 30 tahun lalu, Labo dan Damas telah menjadi kendaraan ringan paling populer di Korea Selatan, yang juga akan berhenti produksinya.

Damas varian minibus dari Labo-dok.Youtube

Labo – yang berasal dari bahasa Yunani dan memiliki arti pekerjaan itu – memiliki kapasitas muatan hingga 550 kilogram. Dia digunakan oleh pebisnis di sektor konstruksi, pemeliharaan, dan layanan umum di negara ini. Itu juga sering digunakan untuk menjual makanan cepat saji di negara Asia.

Pabrik Changwon – tempat produksi Labo dan Damas – akan diubah menjadi tempat produksi crossover Chevrolet. Rencananya, crossover anyar itu bakal diluncurkan pada akhir tahun 2022 mendatang.

GM telah menyuntik investasi senilai US$ 750 untuk meningkatkan peralatan dan kapasitas produksi pabrik tersebut. Termasuk, penambahan fasilitas pengecatan canggih. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This