Isu Model Baru Marak, Begini Penjualan Avanza di Januari – Juni

Gambar yang disebut-sebut sebagai rendering Toyota Avanza versi baru yang marak di media sosial dan ranah maya lainnya-dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Kabar spekulatif yang menyebut segera hadirnya model atau versi terbaru dari Toyota Avanza marak di Indonesia sejak beberapa bulan lalu. Media mainstream hingga media sosial ramai mengabarkannya, meski dengan status tingkatan informasi baru “diperkirakan” karena belum ada informasi resmi dari agen pemegang merek resmi Toyota di Indonrsia maupun prinsipal Toyota di Jepang.

Bahkan tak sedikit pula yang menyebut “kemungkinan” besar, versi paling gres alias versi paling anyar dari MPV sejuta umat itu diluncurkan Toyota Indonesia pada bulan Agustus nanti. Namun, terlepas dari beragam kabar tersebut, ternyata penjualan Toyota Avanza masih menjadi andalan bagi PT Toyota Astra Motor.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan ke konsumen (ritel) yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Januari – Juni tahun ini Toyota Avanza masih mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 25.529 unit. Jumlah ini setara dengan 31,1% dari total penjualan MPV di segmen dan kelasnya.

Selain itu total penjualan ritel sebanyak itu sebanding dengan 25% lebih dari total penjualan ritel mobil penumpang Toyota (tidak termasuk Hilux, Dyna, dan HiAce) di periode paruh pertama tahun ini. Sekadar informasi, total penjualan ritel mobil penumpang Toyota di enam bulan pertama itu mencapai 115.699 unit.

Toyota Avanza – dok.PT TAM

Total penjualan ritel selama enam bulan pertama itu dikoleksi Toyota Indonesia dari penjualan selama Januari yang sebanyak 2.828 unit, Februari 1.504 unit, Maret 7.625 unit, April 5.812 unit, Mei 5.517 unit, dan Juni yang sebanyak 2.243 unit. Total penjualan ritel sepanjang semester pertama 2021 ini jauh di atas penjualan yang sama selama semester pertama tahun lalu.

Fakta data berbicara, di Januari – Juni 2020, total penjualan ritel Toyota Avanza sebanyak 23.145 unit. Jumlah ini berasal dari penjualan yang dibukukan pada Januari sebanyak 6.293 unit, Februari 5.807 unit, Maret 3.897 unit, April 1.897 unit, Mei 1.298 unit., dan Juni 2.248 unit.

oyota Avanza – dok.Istimewa

“Peminat Toyota Avanza masih sangat banyak. Tidak hanya di kawasan Jabodetabek saja, tetapi juga di daerah-daerah di luar wilayah itu, baik di Jawa maupun di luar Jawa. Menariknya, bukan segmen fleet (pembeli dari korporasi atau institusi secara borongan) tetapi juga individu atau ritel. Artinya, brand Avanza itu masih berada di tingkat tertinggi di benak masyarakat atau di top of mind awareness masyarakat kita ketika akan memilih MPV di segmennya,” papar salah seorang petinggi diler Toyota, saat dihubungi Motoris di Jakarta, Selasa (13/7/2021). (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This