Januari – Juni di Pasar Low MPV, Avanza Masih yang Terlaris

Toyota Avanza versi terbaru – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Juni atau semester pertama tahun ini penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Indonesia tercatat meningkat 33,5%, dibanding periode sama tahun lalu. Total penjualan ritel tahun ini mencapai 387.873 unit, sementara di enam bulan pertama tahun 2020 sebanyak 290.582 unit.

Hampir semua merek – tak terkecuali di kelompok 10 besar atau 10 terlaris – membukukan membaiknya penjualan. Di periode tersebut Toyota mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 120.717 unit ( dengan perolehan pangsa pasar 31,1%).

Kemudian Daihatsu sebanyak 67.323 unit (17,3%), Honda 49.439 unit (12,7%), Mitsubishi Motors 47.781 unit (12,3%), Suzuki 40.928 unit (10,6%), dan Mitsubishi Fuso 14.098 unit (3,6%). Lalu, di urutan berikutnya, Isuzu menjual ke konsumen sebanyak 11.968 unit (3,1%), Wuling 10.187 unit (2,6%), Hino 8.511 unit (2,2%), dan Nissan sebanyak 4.616 unit (1,2%).

Mitsubishi Xpander – dok.MMKSI

Namun, yang tak kalah menarik untuk dicermati adalah segmen Low MPV yang selama ini menjadi segmen paling besar di antara segmen pasar model-model kendaraan roda empat atau lebih di Tanah Air.

Pada segmen tersebut, ternyata Low MPV Toyota Avanza – yang santer disebut-sebut bakal mengalami pergantian generasi karena model baru segera hadir – masih menjadi mobil yang terlaris.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan ritel yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) menunjukkan, MPV yang berjuluk “mobil sejuta umat” ini terjual ke konsumen sebanyak 25.529 unit. Jumlah penjualan yang dikantonginya itu jauh lebih banyak dibanding total jumlah yang dikoleksi oleh Mitsubishi Xpander.

Ilustrasi, Suzuki All New Ertiga, -dok.PT SIS

Low MPV Mitsubishi Motors – yang dijajakan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) – itu megoleksi angka penjualan sebanyak 13.748 unit. Dia disusul Daihatsu Gran Max yang sebanyak 6.123 unit.

Kemudian Suzuki Ertiga , di periode enam bulan pertama itu laku dibeli konsumen sebanyak 5.711 unit. Sedangkan kembaran Toyota Avanza , yakni Daihatsu Xenia terjual ke konsumen sebanyak 4.584 unit.

Sementara, Honda Mobilio berada di belakang Xenia. Low MPV Honda yang dijajakan PT Honda Prospect Motor (HPM) itu hanya terjual 3.321 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This