Harley-Davidson Sportster Anyar Meluncur, Banderol Rp 200 Jutaan

Harley-Davidson Sportster S – dok.Scotland Photo Shoot via Rider Magazine


Milwaukee, Motoris – Produsen motor gede (moge) kondang asal Milwaukee, Amerika Serikat – Harley-Davidson – mulai menyodorkan model Sportster pada tahun 1957. Lalu, 61 tahun kemudian – atau tepatnya – pada Juli 2018 lalu, pabrikan yang didirikan sejak tahun 1903 itu memperkenalkan konsep model 1250 Custom.

Saat itu, banyak kalangan penggemar moge menilai konsep ini akan menggantikan platform Sportster yang sudah tua. Dan ternyata, setelah tiga tahun, pada Selasa (13/7/2021) kemarin, Harley resmi meluncurkan model anyar – yang merupakan wujud asli dari 1250 Custom itu – dengan nama Harley-Davidson Sportster S 2021.

Seperti dilaporkan laman Fox Business dan Rider Magazine, Rabu (14/7/2021), motor ini menggunakan platform yang sama dengan Pan America 1250 yang meluncur pada Februari lalu. Motor adventure juga dijajakan Harley ke sejumlah negara, termasuk ke Vietnam mulai 9 Mei lalu.

Harley-Davidson Sportster S – dok.Scotland Photo Shoot via Rider Magazine

Seperti saudaranya itu, H-D Sportster S juga mengusung mesin berkapasitas 1.250cc berkonfigurasi V-Twin yang dijuluki sebagai Revolution Max 1250T. Mesin yang menggunakan sistem pendiginan cairan itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 121 hp dengan torsi 127 Nm.

Sekilas langgam dasar tampilan motor anyar ini tak menyimpang jauh dari konsep Harley 1250 Custom. Harley juga menegaskan bahwa Sportster S 2021 merupakan sosok yang mewakili era baru di jajaran model Sportster yang kondang sejak tahun 1957 itu.

Sebab sejak diluncurkan di tahun 1957, Sportsters selalu menjadi motor stripped-down yang ditenagai oleh V-Twin berpendingin udara. Sehingga, mesin anyar sekarang – yakni mesin 1.250cc berkonfigurasi V-Twin yang dinamai Revolution Max 1250T – merupakan penanda besar dari perubahan yang terjadi.

Panel culster Harley-Davidson Sportster S – dok.Scotland Photo Shoot via Rider Magazine

“Ini adalah Sportster generasi baru yang menyuguhkan kekuatan, performa, teknologi, dan gaya desain baru. Dan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk memperkenalkan sepeda motor yang sejalan dengan strategi kami untuk meningkatkan keinginan dan merawat warisan Harley-Davidson,” kata President & Chief Executive Officer Harley-Davidson, kata Jochen Zeitz.

Sporter S baru memiliki tampilan yang kekar, berotot, dengan ban gemuk. Spatbor depan yang minimalis mencuatkan kesan motor bobber klasik sejati. Sementara bagian ekornya, knalpot high-mount, dan jok olo terinspirasi motor cuiser legendaris Harley Davidson XR750.

Penutup mesinnya, menggunakan bahan magnesium yang ringan. Komponen ini dibuat menonjol dengan sentuhan akhir Cokelat Satin.

Harley-Davidson Sportster S – dok. Istimewa

“Setiap elemen desain visual model Sportster S merupakan ekspresi kekuatan sejati Harley. Dia benar-benar serigala yang berbulu serigala. Artinya seekor serigala sejati,” ucap Vice President Design Harley-Davidson, Brad Richards.

Di Amerika Setikat harga model anyar Harley ini dihargai US$ 14.999 atau sekitar Rp 218 jutaan (kurs US$ 1 = Rp 14.520,15). Rencananya, mulai dijual di negeri itu pada musim gugur atau di rentang waktu September hingga Oktober nanti. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This