Semester I: Almaz Taklukan Honda CR-V, Glory 580 Laku 12 Unit

Almaz RS – dok.Wuling Motors Indonesia


Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Juni atau semester pertama tahun ini, pertarungan di segmen pasar Sport Utility Vehicle (SUV) medium terbilang sengit. SUV besutan Wuling – yakni Almaz – yang kedatangan varian anyar Almaz RS berhasil menjegal Honda CR-V untuk bertahan sebagai pemegang mahkota juara penjualan di ceruk pasar ini.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ritel ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama enam bulan pertama itu, Honda CR-V mengantongi jumlah sebanyak 3.704 unit.

Sementara di periode yang sama, Wuling Almaz – yang terdiri dari Wuling Almaz dan Wuling Almaz RS – mengoleksi angka penjualan ritel sebanyak 4. 383 unit. Jumlah ini terdiri dari jumlah penjualan ritel Wuling Almaz series sebanyak 2.084 unit dan Wuling RS sebanyak 2.299 unit.

Honda CR-V versi terbaru – dok.Istimewa

Mazda CX Series terlego ke konsumen sebanyak 495 unit bertengger di urutan ketiga. Dia dibuntuti Hyundai Santa Fe yang laku sebanyak 194 unit dan Nissan X-Trail yang di kurun waktu itu membukukan penjualan ritel sebanyak 44 unit, (yang semuanya dibukukan di bulan Juni).

Bertengger di posisi berikutnya, ada Peugeot 3 Series. SUV yang dijajakan oleh PT Astra Peugeot itu, laku diboyong konsumen sebanyak 64 unit.

Angka penjualan Peugeot 3 Series itu masih terbilang mending dibanding angka penjualan yang dikantongi sekondan Wuling – satu asal dari Cina – yakni Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 580. SUV yang dijajakan PT Sokonindo Automobile itu terjual hanya 12 unit, yang dibukukan pada Januari sebanyak 2 unit, Februari 4 unit, dan April 1 unit, bulan lainnya nihil.

SUV DFSK Glory 580 dengan sentuhan modifikasi ringan – dok.Motoris

Pada posisi terakhir terdapat SUV Renault, yakni Renault Koleos. Dia hanya terjual 2 unit yang terjadi pada bulan Januari, sedangkan di bulan Februari hingga Juni nihil. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This