Begini Penjualan Toyota Voxy, Januari – Juni di Jepang dan RI

Toyota Voxy – dok.Toyota Astra Motor


Jakarta, Motoris – Topypta Motor dikabarkan segera meluncurkan versi anyar dari mobil keluarga serbaguna (MPV) high atau MPV High Toyota Voxy di Jepang pada tahun ini. Berdasar bocoran informasi dari kalangan internal pabrikan itu, pel;uncuran dijadwalkan pada kuartal keempat nanti.

Seperti dilaporkan laman Minnews dan Magazine X, belum lama ini, versi anyar dari Voxy itu beberapa waktu lalu kedapatan tengah dites jalan di Negeri Sakura tersebut. Meski dengan balutan kamuflase yang rapat.

Namun, lekuk tubuh dan sejumlah bagian dari MPV itu masih cukup jelas terlihat. Terutama – secara kasat mata – dimensi mobil ini terlihat sedikit bongsor dibanding versi yang ada saat ini.

Kabarnya, Voxy paling gres itu mengadopsi platform Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk minivan. Dimensi panjangnya 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.850 mm.

Interior Toyota Voxy-dok.Istimewa

Bahkan informasi itu menyebut, ada kemungkinan pilihan tata letak di kabin yang serupa dengan Lexus LM yakni dengan pilihan formasi, empat, enam, dan tujuh jok. Sedangkan tampilan depan memiliki lampu utama yang lebih menyipit, dan lampu belakang yang mirip dengan Toyota Alphard.

Baik di Jepang maupun di Indonesia, Toyota menguasai pasar di segmennya. Seperti dilaporkan laman Japan Times, Jumat (16/7/2021), data yang dirilis Asosiasi Diler Mobil Jepang (JADA) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Juni atau semester pertama tahun ini Voxy terjual sebanyak 41.101 unit.

Mobil ini menguasai 64,5% pangsa pasar di segmennya. Dia juga bertengger di urutan kedelapan 10 mobil terlaris di Jepang (non keicar) di Jepang sepanjang enam bulan pertama tahun ini.

Toyota Voxy terbaru – dok.Istimewa

Sementara, di Indonesia – pada kurun waktu yang sama – data yang dihimpun Motoris dari laporan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan ke konsumen (ritel) yang dibukukan Voxy mencapai 746 unit. Pesaing Nissan Serena, Hyundai H-1, dan Kia Sedona itu berhasil merebut 67,9% pangsa pasar.

Total penjualan ritel yang dibukukannya itu berasal dari penjualan sepanjang bulan Januari sebanyak 166 unit, Februari 81 unit, dan Maret 12 unit. Lalu, dari penjualan selama April yang sebanyak 128 unit, Mei 170 unit, dan Juni 189 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This