Meluncur di India Tahun 2025, Mobil Listrik Suzuki Tak Sampai Rp 200 Juta

Suzuki Wagon R listrik yang telah diuji jalan di India-dok.Istimewa


Tokyo, Motoris
– Suzuki Motor Corporation (Suzuki) disebut-sebut bakal meluncurkan mobil listrik murni baterai (BEV) pertamanya pada tahun fiskal 2025. Mobil setrum itu, pertama kali akan digelontorkan di India, setelah itu di negara-negara lain baik di Ameriika, Eropa, maupun Asia.

Kabar tersebut diungkap Nikkei dan The Green Journal, Senin (19/7/2021). Media ini bahkan menyebut, banderol mobil listrik itu di India akan dipatok 1,5 juta yen atau sekitar Rp 199,39 juta (kurs 1 yen = Rp 132,93). “Harga itu sudah memperhitungkan subsidi yang diberikan oleh pemerintah (India),” tulis Nikkei.

Meski tak menyebut secara spesifik, namun Juru Bicara Suzuki mengakui, pihaknya berencana memasuki pasar mobil listrik murni (BEV) dan hybrid di India.. “Kami telah mengatakan bahwa kami akan memasuki EV (mobil listrik/BEV) dan mobil hybrid yang kuat di India pada tahun 2025,” kata dia.

Ilustrasi, logo Suzuki – dok.Motoris

Namun, dia menambahkan bahwa perusahaan belum mengumumkan besaran harga dan belum menyatakan secara resmi apakah akan meluncurkan mobil listrik di India terlebih dahulu atau hybrid. Tetapi yang pasti, India merupakan pasar terbesar bagi Suzuki.

Penjualan Suzuki di negeri berpenduduk 1,3 miliar jiwa lebih itu, selama ini didominasi oleh segmen mobil kompak seperti Suzuki Alto, WagonR, Baleno dan Swift. Mobil listrik pertama merek berlambang huruf “S” itu diharapkan berada di segmen ini.

Hanya, yang perlu dicatat, meski menjadi salah satu pasar mobil terbesar di dunia, peralihan ke mobil listrik di India tidak terlalu drastis. Sejumlah faktor – antara lain harga yang mahal dan keraguan masyarakat terjadap daya jangkauan mobil listrik – menjadi penyebab lambatnya pertumbuhan populasi mobil listrik di Negeri Sari itu.

Suzuki Wagon R listrik tengah diuji jalan – dok.The Economic Times

Oleh karena itu, mobil listrik kecil dengan harga terjangkau bisa menjadi solusi. Itulah yang dilakukan Suzuki Motor di negara tersebut. Pada awal bulan ini (Juli) Maruti Suzuki India bahkan kedapatan tengah menguji mobil listrik Wagon R Electric.

Mobil – yang disebut-sebut bakal menjadi keicar listrik (mobil kecil ) di Jepang – itu terlihat tengah diuji di jalanan tanpa kamuflase. Dari serangkaian foto yang ada, terlihat Wagon R spek India itu menggunakan gaya desain anyar. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This