Orang Tajir RI Bertambah: Penjualan Lexus, BMW,dan Mercy Naik

Jakarta, Motoris – Hasil penelitian lembaga keuangan berkantor pusat di Zurich, Swiss – Credit Suisse – menunjukkan, sepanjang tahun 2020 lalu, jumlah orang kaya di Indonesia bertambah banyak. Mereka adalah individu-individu dengan kekayaan lebih dari US$ 1 juta atau Rp 14,4 milir lebih.

Data penelitian itu memperlihatkan, jumlah orang tajir (dengan parameter nilai kekayaan bersih sebesar itu) mencapai 171.740 orang. Jumlah itu naik 61,7% dibanding tahun 2019 yang sebanyak 106.215 orang.

Semakin banyaknya jumlah orang kaya diyakini memiliki korelasi dengan konsumsi barang-barang mewah, termasuk mobil. Meski, kaitan ini masih perlu verfikasi lebih jauh karena harus menyertakan bukti-bukti.

Meski demikian, data yang dihumpun Motoris dari catatan penjualan mobil mewah ke konsumen (ritel) yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di Januari hingga Juni tahun ini penjualan mobil mewah meningkat. Penjualan mobil mewah merek Lexus, adalah salah satunya.

Tampilan belakang Lexus LM350 yang dijual di Indonesia – dok.Lexus Indonesia

Mobil besutan merek milik Toyota itu terjual ke konsumen sebanyak 509 unit. Rinciannya, di bulan Januari terjual sebanyak 28 unit, Februari 81 unit, Maret 101 unit, April 104 unit, Mei 86 unit, dan Juni 109 unit.

Total jumlah penjualan ritel selama semster pertama itu, naik atau bertambah 86 unit dibanding penjualan selama periode sama di tahun 2020. Kala itu, total penjualan ritel yang dibukukan Lexus sebanyak 423 unit.

Rinciannya, di bulan Januari penjualan yang dibukukan sebanyak 29 unit, Februari 105 unit, Maret 137 unit, dan April sebanyak 42 unit. Lalu di bulan Mei sebanyak 37 unit, dan Juni 73 unit.

Ilustrasi, logo Mercedes-Benz – dok.Istimewa via The Indian Express

Mobil mewah lain yang juga mencatatkan kenaikan adalah BMW dan Mercedes. Selama enam bulan pertama tahun ini total penjualan yang dibukukan BMW Indonesia sebanyak 1.187 unit.

Jumlah itu naik signifikan dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 831 unit.

Pada kurun waktu yang sama,Mercedes-Benz mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 1.235 unit. Jumlah ini juga naik signifikan, karena di enam bulan pertama tahun lalu penjualan yang dibukukannya masih sebanyak 838 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This