Kia Sportage Anyar Mulai Dijual di Korea, Begini Rekam Jejak di RI

Kia All New Sportage-dok.Kia Motors Corporation


Seoul, Motoris – Setelah diperkenalkan pada 8 Juni lalu, kini versi paling anyar SUV Kia Sportage atau Kia All New Sportage resmi dijual di pasar domestik Korea Selatan. Di kampung halaman sendiri itu, Kia Motors membanderolnya 24 juta won – 36 juta won atau sekitar Rp 303,84 juta – Rp 455,76 juta (kurs 1 won Korea = Rp 12,66).

Seperti dilaporkan kantor berita Yonhap, Selasa (20/7/2021), Kia menyebut permintaan SUV buatannya itu di dalam negeri terus meningkat. Pabrikan yang merupakan bagian dari Hyundai Motor Group itu mengatakan, rentang harga yang dipatok sebesar itu merupakan banderol dari tiga varian yang disuguhkan.

“Ketiganya adalah, varian hybrid yakni bermesin bensin 1.6 liter turbocharged plus motor listrik. Kedua, varian bermesin bensin 1.6 turbocharged, dan varian ketiga adalah bermesin diesel 2.0,” bunyi keterangan itu.

Sederet fitur disematkan pada versi paling gres atau versi paling baru dari Kia Sportage ini. Di antaranya, fitur penghindar tabrakan depan, fitur identifikasi blind spot, serta fitur pencegah tabrak dari belakang.

Tampilan wajah Kia Sportage terbaru-dok.Kia_

Kia mengatakan, untuk peluncuran versi ini di luar negeri akan dilakukan mulai akhir tahun ini. Kia Sportage yang merupakan produk global juga dipasarkan di Indonesia.

Hanya, data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang enam bulan pertama tahun ini atau dari januari hingga Juni tidak ada catatan penjualan yang dilaporkan. Baik penjualan ke konsumen (ritel) maupun ke diler (wholesales).

Di tahun sebelumnya, hanya ada laporan penjualan di tahun 2017 dan 2018, dimana tren penjualannya menurun. Pada tahun 2017 total penjualan ritel hanya 47 unit, dan tahun 2018 sebanyak 13 unit.

Kia Sportage model 2019 -dok.MotorTrend

Sedangkan wholesales yang dibukukan pada tahun 2017 sebanyak 47 unit dan tahun 2018 sebanyak 10 unit. Pada tahun 2019 dan 2020, di data Gaikindo tidak ditemukan laporan penjualan – baik ritel maupun wholesales – SUV itu. (Fat/Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This