Chery Automobile Siapkan Pesaing Wuling Hong Guang Mini EV

Ilustrasi logo Chery-dok.Dreamstimes.com


Wuhu, Motoris – Pabrikan mobil asal Wuhu, Anhui, Cina – Chery Automobile Co. Ltd – terus memacu diri untuk merebut pangsa pasar mobil di berbagai negara, selain di Cina.

Kabar terakhir menyebut, pabrikan yang berdiri sejak 8 Januari 1997 itu, bahkan mengikuti tren pasar dunia yang mengarah ke mobil elektrifikasi.

Seperti dilaporkan laman Autoevolution dan Sino Auto News, Senin (19/7/2021), pabrikan ingin menyodorkan mobil mungil yang kondang di berbagai negara – termasuk Indonesia – Chery QQ, sebagai mobil bersumber tenaga dari setrum.

Hatchback Chery QQ versi terbaru-dok.SamaaTV

Nama yang disandang masih Chery Q. Meski dengan embel-embel yang beda. Bahkan, embel-embel tambahan itu terdengar lucu yakni Ice Cream, lengkapnya Chery QQ Ice Cream.

Kabarnya, mobil listrik Chery itu bakal menjadi pesaing Wuling Hong Guang Mini EV. Meski, hingga kini, Chery belum memberikan informasi ihwal spesifikasi mobil tersebut.

Tetapi, yang pasti, jika posisinya sebagai penantang Wuling Hong Guang, maka patut diduga harga mobil itu terjangkau. Selain, itu daya jangkaunya pun dirasa cukup oleh konsumen.

Sebelumnya, seperti dilaporkan laman EV Sales, belum lama ini, mobil listrik baterai Wuling Hong Guang yang diluncurkan di Republik Rakyat Cina (Cina) pada Juli tahun 2020 hingga akhir tahun itu, telah terlego sebanyak 112.000 unit. Dia bahkan langsung meroket ke posisi edua mobil terlaris di Cina, setelah Tesla Model 3.

Wuling Hongguang MINI EV-dok.Inf.News

Bahkan di lima bulan pertama tahun 2021 ini, seperti dilaporkan laman InsideEVs belum lama ini, menjadi mobil listrik paling banyak dibeli konsumen di Cina. Dia terjual sebanyak 128.796 unit, mengungguli Tesla Model 3 yang saat itu terjual 68.330 unit.

Laman XCar dan GM Authority menyebut faktor harga, kapasitas muatan dan desain, hingga teknologi terutama daya jangkau yang dirasa pas adalah kunci larisnya Wuling Hong Guang listrik tersebut. Ketiganya belum tersaingi merek lain untuk mobil sejenis dan sekelas.

“Faktor-faktor itu menjadi kunci. Karena dari jumlah konsumen yang ada di negara ini (Cina) yang paling banyak tentunya yang berdaya jangkau finansial yang pas dengan harga Hong Guang Mini EV,” ujar analis industri di bursa saham Shanghai, Simon Liu.

Banderol mobil setrum buatan Wuling Motors (perusahaan kongsi antara GM – SAIC –Wuling Automobile) itu saat ini hanya US$ 4.000 lebih sedikit atau sekitar Rp 58 jutaan (kurs US$ 1 = Rp 14.523,25).

Wuling Hongguang MINI EV Macaron Edition-dok.YouTube

“Menariknya, ternyata dari harga itu Wuling bersama mitra kongsinya itu hanya mengambil keuntungan sebesar US$14 (atau sekitar Rp 203 jutaan),” tulis XCar. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This