Nissan Terra Anyar Segera Meluncur, Versi Kini Tak Bunyi di RI

Nissan Terra versi terbaru atau versi facelift-dok.Istimewa

Jakarta, Motoris– Nissan Motor Company (Nissan) dikabarkan akan meluncurkan versi baru (versi facelift) SUV ladder frame Nissan Terra di Thailand, pada 19 Agustus nanti. SUV ini merupakan produk global Nissan, yang versi sebelumnya juga merangsek pasar Indonesia.

Majalah otomotif Headlightmag, belum lama ini, melaporkan versi paling gres (paling baru) itu beberapa waktu lalu kedapatan tengah dites jalan di Thailand. Dari beberapa foto jepretan fotografer yang mengabadikan kegiatan itu, terlihat ada serangkaian ubahan yang dilakukan Nissan terhadap SUV itu.

Ubahan bisa dilihat dari lampu depan, yang meski masih mengusung gaya desain mirip bumerang namun, ada perbedaan. Kini lampu utama sedikit lebih ramping dan di dalamnya terdapat empat buah proyektor, dan Day Running Light (DRL) LED.

Grill juga masih mengusung konsep desain V Motion. Namun, garis lipatan di sudut-sudut grill itu tak lagi tegas-tegas mencuatkan kesan huruf “V” lagi.

Ilustrasi interior Nissan Terra saat ini-dok.Nissan

Kap mesin memiliki garis yang selaras dengan tarikan garis V Motion, dan sekilas mirip dengan bagian yang sama pada Nissan Livina. Kemudian bumper dibuat lebih berlekuk dan mencuatkan kesan lebih berotot.

Ubahan pada bagian belakang, terlihat dari lampu yang menganut gaya dua tingkat plus DRL LED. Bumper belakang tak dibuat neko-neko alias minimalis meski dengan sentuhan pembaruan.

Ubahan lainnya terlihat pada spolier yangh bergaya desain baru. Nissan juga menyematkan atena bergaya sirip hiu sebagai penanda perubahan.

Layar peranti hiburan yang berukuran lebih besar, menjadi tanda ubahan di bagian interior. Begitu pun dengan operasional AC yang menggunakan teknologi digital, serta lingkar kemudi yang kini menggunakan model Nissan X-Trail.

Ilustrasi, logo baru Nissan Motor – dok.Nissan

Untuk mesin, Nissan Terra dipastikan tetap mengusung mesin 2.3 liter Twin Turbo. Semburan tenaganya pun masih sama yakni 190 hp dengan torsi 450 Nm.

Versi kini di RI tak bunyi
Adakah kemungkinan Nissan Terra facelift ini juga dijajakan di Indonesia? Belum ada informasi apapun dari Nissan Indonesia.

Namun, yang jelas, data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan yang dilaporkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di enam bulan pertama tahun ini, tidak ada data penjualan Nissan Terra yang dilaporkan. Baik penjualan ke konsumen (ritel) maupun ke diler (wholesales).

Sementara, rekam jejak penjualan SUV di tiga tahun sebelumnya, menunjukkan SUV ini tak mampu mengimbangi para pesaingnya, alias “tak bunyi”. Khususnya saat berhadapan dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Nissan Terra – dok.Istimewa

Pada tahun 2018 (saat awal diluncurkan di akhir Juli tahun itu hingga akhir tahun), penjualan ritelnnya tercatat sebanyak 320 unit.Lalu di tahun berikutnya melonjak menjadi 1.285 unit. Tetapi di tahun 2020, melorot menjadi 1.008 unit.

Pada rentang waktu yang sama, Penjualan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport sangat jauh di atasnya. Pada 2018 misalnya, Fortuner terjual sebanyak 20.527 unit, tahun berikutnya 18.270 unit, dan tahun 2020 sebanyak 12.191 unit.

Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport, di tahun 2018 terjual sebanyak 20.048 unit, dan tahun 2019 sebanyak 17.076 unit. Kemudian di tahun 2020 laku sebanyak 8.024 unit, jauh di atas penjualan Nissan Terra. (Fer/Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This