Penjualan Land Cruiser di RI Meninggi, Varian Mewah Paling Diminati

Toyota Land Cruiser versi yang kini ada di pasar RI – dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Toyota Motor menjajakan SUV mewah Land Cruiser di Indonesia dengan dua varian pilihan yakni varian Land Cruiser SUV High (Toyota Land Cruiser Prado) dan varian Land Cruiser Luxury (varian mewah).

Seperti tahun-tahun lalu, ternyata varian mewah justeru yang paling banyak diminati konsumen alias terlaris.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terlihat, di sepanjang Januari hingga Juni tahun ini, total penjualan ke konsumen (ritel) yang dibukukan oleh Toyota Land Cruiser mencapai 113 unit.

Rinciannya, Toyota Land Cruiser High SUV sebanyak 24 unit dan Land Cruiser Luxury sebanyak 89 unit.

Total penjualan Land Cruiser High SUV itu dikoleksi dari penjualan selama bulan Januari sebanyak 1 unit, Februari 16 unit, Maret 3 unit, April 3 unit, Mei 1 unit, sementara Juni kosong.

Toyota Land Cruiser Prado-dok.Motor Trend

Sedangkan jumlah penjualan varian Land Cruiser Luxury berasal dari penjualan di bulan Januari sebanyak 4 unit, Februari 15 unit, Maret 24 unit, April 27 unit, Mei 15 unit, dan Juni 4 unit.

Jumlah penjualan ritel masing-masing varian ini meningkat jika dibanding penjualan selama periode sama tahun 2020 lalu. Pada saat itu, total penjualan ritel varian Land Cruiser High SUV sebanyak 1 unit, dan varian Land Cruiser Luxury sebanyak 92 unit.

Dengan kinerja penjualan yang terbilang “di atas” kategori lumayan di segmen SUV mewah itu, tak heran jika ada kemungkinan Toyota Motor juga bakal menggelontorkan versi paling anyar dari SUV Land Cruiser tersebut. Versi paling gres itu telah diluncurkan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 9 Juni lalu.

Toyota Landcruiser versi terbaru atau model 2022 diluncurkan 9 Juni 2021 – dok.Youtube

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) tak menampik bicara kemungkinan hadirnya Land Cruiser versi anyar itu. Terlebih, dengan realita kinerja penjualan yang berhasil ditorehkan model itu di Tanah Air hingga kini, membuktikan potensi pasar kendaraan itu cukup besar.

“Kalau bicara peluang, tentu semua model baru Toyota ada peluang, termasuk Land Cruiser terbaru. Karena market model ini memang sudah terbentuk di kita (Indonesia). Namun, sekali lagi, untuk kepastiannya tentu kami masih mempelajarinya karena market juga dinamis. Sehingga, kalau pun dibawa (diluncurkan di Tanah Air), kami belum bisa memastikannya,” kata Anton saat dihubungi di Jakarta, akhir pekan lalu. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This